Ali Mukhni, Canangkan Padangpariaman Bersih

Bupati padangpariaman Ali Mukhni Pada Saaat diwawancarai awak media

Advertisements

Padang-today.com__Setelah berhasil dalam Program Padang Pariaman Sehat dalam tiga tahun terakhir, maka mengawali Tahun 2017 ini, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mencanangkan program Padang Pariaman Bersih (PPB). Hal ini sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diluncurkan akhir Desember 2016 lalu.

Program PPB ini terinspirasi dari kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan pada awal tahun 2010 lalu. Ke depan, diharapkan Padang Pariaman sebegai pioner mewujudkan nagari bersih, nagari sehat dan nagari cerdas di ranah minang.

“Program gotong royong udah jalan sejak lima tahun lalu, kemudian Padang Pariaman Sehat telah menjadi pilit project nasional dalam bentuk GERMAS. Insya allah, tahun ini kita gebyarkan Padang Pariaman Bersih” kata Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Rena Ali Mukhni usai bersih-bersih di Fly Over Bandara Internasional Minangkabau, Minggu, 29-01-2017 beberapa waktu lalu.

Bupati menyadari bahwa sebagai pintu gerbang Sumatera Barat, Padang Pariaman harus memperhatikan kebersihan dan keindahan di sepanjang jalan utama dari dan menuju ke Kota Padang.
Menurutnya, masih ada masyarakat yang kurang disiplin dalam membuang sampah yang tidak pada tempatnya. Sehingga mengganggu tatanan lingkungan, menimbulkan bau tak sedap dan rawan penyakit.

“Jadi ada warga yang buang sampah sambil lewat dipinggir fly over, lalu menumpuk setiap hari. Ini kan pelanggaran, tidak boleh dibiarkan,” ungkapnya.

Ali Mukhni menegaskan kepada dinas terkait dan Camat untuk memasang tanda larangan membuang sampah di sepanjang aliran sungai. Karena bisa mengakibatkan banjir pada musim hujan dan sungai menjadi kotor, dan untk dinas terkait untuk dapat berinovasi dalam memanfaatkan lahan kosong untuk membuat ruang taman hijau sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebagaimana sering saya sampaikan, kita motto Sudah Saatnya Masyarakat Menikmati. Artinya, program yang dibuat harua jelas untuk rakyat,” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan dan Pertanahan Yuniswan komitmen menjadikan Program Padang Pariaman Bersih sebagai primadona tahun 2017 ini.

“Sesuai arahan Bapak Bupati, Program PPB melibatkan seluruh unsur masyarakat dan peran ibu-ibu PKK,” katanya.(sg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*