Ali Mukhni dan Mahasiswa UBH Hijaukan Nagari Anduring

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni bersama mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta dalam program Kuliah kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang berlangsung di bukit dan tepian Sungai Lubuk Ikan Larangan Jorong Sipisang Sipinang Kanagarian Anduriang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (16/08).Padangpariaman, PADANGTODAY.com – Pentingnya menjaga kelestarian alam, mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta yang melakukan program Kuliah kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mengadakan aksi penghijauan dengan menamam 1000 pohon yang dibuka langsung oleh Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni.

Advertisements

Kegiatan ini berlokasi di bukit dan tepian Sungai Lubuk Ikan Larangan Jorong Sipisang Sipinang Kanagarian Anduriang Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (16/08).

Dosen Pendamping Lapangan (DPL ) Nagari Anduring Drs. Dahnil Aswad, M.Si. mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan tujuan untuk melakukan pengabdian yang dilakukan dosen dan mahasiswa kepada masyarakat dan lingkungannya serta dalam upaya untuk melestarikan lingkungan dengan melakukan penghijuan.

“Bibit pohon ini berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatra Barat dan akan ditanam di seluruh Nagari Anduring baik di pekarangan rumah, tepian sungai hingga bukit-bukit yang gundul. Pahon yang akan ditanam berupa pohon Durian 300 batang, pohon Sengon 300 batang, pohon Surian 200 batang dan sisanya pohon Ketapang, Mahaoni serta Bayua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta, Ir. Indra Khaidir, MT mengatakan kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan karena bentuk dari pemberdayaan kepada masyarakat. Dengan pelaksanaan dan diterjunkannya mahasiswa KKN ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Tentunya, untuk menyukseskan KKN ini peran pemerintah daerah, masyarakat dan perguruan tinggi sangatlah penting. Ketiga komponen itu harus bersinergi satu sama lainnya,” jelasnya.

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum menyampaikan penanaman pohon ini bentuk kepedulian sivitas akademika Universitas Bung Hatta terhadap lingkungan hidup. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah terutama bupati yang hadir dan banyak membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Menanam pohon ini sangat penting sekali dan dapat membawa dampak yang besar bagi masyarakat,” sebutnya.

Dalam sambutannya, Drs. H. Ali Mukhni mengatakan penanaman pohon ini bagian kepedulian kita terhadap lingkungan dan kita sangat senang dengan kegiatan yang digelar oleh mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta yang melakukan KKN di daerah kita ini.

“Yang menjadi permasalahan bukan soal pengadaan bibitnya. Pemerintah daerah bisa menyiapakan bibit. Mau 1000 bibit atau 2000 bibit tanaman, kita siap bantu. Namun yang menjadi persoalannya bagaimana untuk menjaga tanaman ini hingga dapat tumbuh besar,” jelasnya.

Lokasi penanaman pohon ini merupakan salah satu potensi pariwisata yang perlu dikembangkan karena terdapat ikan larangan dan panorama bebukitan yang indah.

“Kami berharap semua masyarakat dapat memelihara, merawat, dan menjaga pohon tersebut bila sudah tumbuh. Pada kesempatan ini juga kita menghimbau agar kita memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar seperti yang dilakukan oleh Pak Rusli yang konsisten menjaga kelestarian alam bila merusaknya maka akan berdampak juga pada kita,” kata Ali Mukhni.

Kegiatan ini sendiri diikuti lebih dari 60 orang yang terdiri dari mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Anduring, Kapalo Ilalang dan Kayu Tanam, Dosen Pendamping Lapangan, Wali Nagari, Kepala Joro, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan serta masyarakat sekitar. (rel/ari)