Ali Mukhni Katakan, Dinas Kesehatan Padang Pariaman Miliki Inovasi Baru Dalam Bidang Kesehatan

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan, dinas kesehatan daerahnya memiliki inovasi terbaru dalam bidang kesehatan yakni Padangpariaman Sehat.

Advertisements

“Artinya, paradigma baru dalam pelayanan kesehatan, dimana petugas kesehatan menjemput bola dengan mengunjungi masyarakat setiap hari kerja untuk menanyakan permasalahan kesehatan dan kemudian diberi tindakan bila perlu dirujuk ke rumah sakit. Seluruh biaya ditanggung pemerintah,” katanya kepada Padangtoday.com, kemarin.

Katanya, program tersebut adalah yang pertama di Indonesia dan telah dicanangkan serta diapreasiasi oleh Ibu Menteri Kesehatan Jum’at kemarin.

Setiap bidan desa yang mengunjungi rumah masyarakat tersebut katanya, dibekali dengan buku kendali yang ditandatangi oleh pemilik rumah. Setiap bulan buku kendali tersebut direkap sebagai bahan evaluasi oleh dinas kesehatan

Dengan program itu banyak ditemukan kasus permasalahan kesehatan masyarakat hingga kini. Jumlahnya bisa mencapai ribuan yang sebelumnya tak pernah terungkap. Seperti tumor, kanker, kelainan bahkan orang gila yang dipasung oleh keluarganya.

Ali Mukhni mengungkapkan untuk mendukung program itu phaknya telah menyediakan anggaran sebesar Rp 40 milyar pada dinas kesehatan dalam APBD 2015. Disamping itu juga ada dukungan dana dari BAZNAS.

“Kepada masyarakat yang sakit diberikan bantuan gratis berobat hingga sembuh bahkan anggota keluarga yang mendampingi si pasien juga diberikan bantuan transportasi. Bagi tenaga kesehatan juga disediakan dana kapitasi sebesar Rp 13 milyar per tahun. Artinya setiap bidan akan mendapatkan sekitar Rp 1,5 sampai Rp 2 juta rupiah atau 50 ribu per hari,” tandasnya.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*