Aliko Dangote Orang Terkaya di Nigeria Namun Orang Paling Banyak Kehilangan Uangnya

Aliko Dangote

Aliko Dangote

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM -Sepanjang 2014 lalu, banyak miliuner yang kekayaannya bertambah hingga triliunan. Tapi ada juga yang hartanya turun, bahkan sampai ratusan triliun rupiah.

Miliuner yang paling banyak kehilangan uang adalah Aliko Dangote. Pria 57 tahun ini merupakan orang terkaya di Nigeria.

Kekayan Dangote di 2015 mencapai US$ 14,7 miliar, turun US$ 10,3 miliar atau sekitar Rp 123 triliun, dari posisi 2014 yang sebesar US$ 25 miliar.

Pria ini merupakan pengusaha berbagai sektor, mulai dari semen, gula, sampai terigu. Penurunan harta kekayaan itu karena jatuhnya nilai tukar Nigeria dan turunnya permintaan semen.

Selain itu, Dangote juga menjadi korban dari jatuhnya bursa saham Nigeria karena ketidakpastian masa depan negara tersebut. Ini terkait dari penundaan pemilihan presiden di Februari lalu. Kondisi ini membuat investor menarik dananya.

Meski begitu, Dangota tetap menjadi orang terkaya di benua hitam Afrika. Dangote pada April 2014 lalu juga berencana membangun kilang minyak dan petrokimia senilai US$ 9 miliar di Nigeria. Kemudian di Agustus 2014, dia juga merencanakan investasi US$ 1 miliar untuk pertanian komersial dan penggilingan padi modern.

Dia mengumpulkan kekayaannya sejak 30 tahun lalu, dengan memulai berdagang sejumlah komoditas dengan pinjaman dari pamannya yang memiliki kekuasaan di Nigeria. Meski begitu, Dangote masih masuk sebagai orang terkaya di dunia nomor 67.

(dnl/hds/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*