Almamater Kuning Himpun Donasi Peduli Nepal

Almamater Kuning peduli Nepal.

Almamater Kuning peduli Nepal.

Padang, PADANGTODAY.com-“Assalamu’alaikum,” sapaan ringan itu selalu terdengar setiap kali pengunjung berada di pintu masuk Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang (DDS).

Kali itu, perwakilan mahasiswa dua kampus ber-almamater kuning bergiliran mendatangi kantor DDS pada hari yang berbeda untuk menyerahkan sejumlah penghimpunan donasi untuk korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di Khatmandu, Nepal pada Sabtu (25/4).

Dalam kunjungannya pada Jumat (8/5) lalu, empat perwakilan BEM Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), Dahlia, Dini, Wildan, dan Wahib, menyerahkan hasil penghimpunan dana yang mereka lakukan bersama segenap perwakilan mahasiwa di lingkup sekitar kampus UNP.

“Kami melakukan penghimpunan di sekitaran GOR Agus Salim dan masjid-masjid,” tutur koordinator penghimpunan perwakilan BEM UNP, Menteri Pengabdian Masyarakat, Wildan.

Mereka menilai, tanggapan masyarakat amat baik. “Begitu melihat kotak donasi yang bertuliskan ‘Pray For Nepal’ masyarakat tanpa ragu langsung memberikan donasinya,” papar Dini senang.

Dari hasil penghimpunan yang mereka lakukan selama dua hari, mereka berhasil meraup donasi sebesar Rp.610.000,-.

Berbeda cerita dengan perwakilan BEM Universitas Putra Indonesia (UPI) “YPTK” Padang. Mereka tergerak untuk melakukan penghimpunan yang ditargetkan di lingkup dalam kampus sendiri.

Senin (11/5), Menteri Luar Kampus BEM UPI “YPTK”, Imam Pradaya Putra, di dampingi Rapi Rambe, memaparkan aktivitas penghimpunan yang mereka fokuskan selama empat hari di lingkup dalam kampus UPI “YPTK”.

“Jika dikaitkan dengan alasan kemanusiaan, tanpa memandang siapa yang terkena musibah, antusias warga UPI sangat baik, bahkan mereka yang mendatangi kami untuk menyumbangkan donasi,” tutur Imam saat ditanyakan pengalaman mereka melakukan penghimpunan.

Lewat partisipasi warga UPI “YPTK”, donasi senilai Rp.1063.000,- dapat mereka salurkan sebagai bentuk peduli terhadap bencana Nepal.

“Dompet Dhuafa sangat mendukung aksi mahasiswa sebagai kaum muda yang membangkitkan rasa peduli terhadap sesama. Dengan menggandeng aktivis muda ini, kami berharap bisa membuka pintu hati masyarakat untuk berkontribusi sesama.” tutur Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra.

Dompet Dhuafa Singgalang juga membuka donasi khusus untuk kebencanaan dunia lewat rekening mandiri di nomor 111.000.500.5000 atas nama Dompet Dhuafa Singgalang. Diharapkan, pembukaan donasi ini memberi ruang kita lebih tanggap terhadap kebencanaan yang terjadi di negeri tetangga. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*