Alternatif Pengganti Susu Sapi

Ilustrasi.

Ilustrasi.

London, PADANGTODAY.COM-Sebagai penyedia nutrisi terbaik kedua setelah ASI, susu sapi juga banyak dipilih karena mudah didapatkan. Namun, susu sapi sebaiknya diabaikan jika ingin menghindari lemak.Selain itu, anak-anak yang mengalami alergi protein susu sapi disarankan mengonsumsi produk lain. Misalnya, susu kedelai. Namun, masih banyak lagi jenis susu yang bisa dikonsumsi lengkap dengan kelebihan masing-masing.

Berikut alternatif pengganti susu sapi sebagaimana dilansir laman Health Me Up.

1. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif yang paling populer. Susu kedelai dibuat dari ekstrak kacang kedelai. Susu kedelai secara alami bebas lemak. Dari 100 ml susu kedelai biasa hanya mengandung 54 kalori. Susu kedelai dikemas dengan protein kedelai yang mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan tingkat kolesterol HDL (kolesterol baik). Susu kedelai sering diperkaya dengan kalsium, vitamin A dan D, riboflavin dan kalsium.

2. Rice Milk

Susu beras dibuat dari nasi, sirup beras merah dan tepung beras. Susu beras memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan rendah protein jika dibandingkan dengan susu sapi. Susu beras cukup berair sehingga tidak dianjurkan untuk memasak dan baking.

3. Susu kelapa

Susu kelapa mungkin menjadi alternatif yang paling dekat dengan susu sapi karena memiliki tekstur dan warna yang serupa. Air kelapa cukup tinggi lemak, dengan sekitar 5 gram lemak jenuh dalam satu porsi (satu cangkir). Satu porsi susu kelapa mengandung 80 kalori, 1 gram protein dan 100 mg kalsium.

4. Almond Milk

Susu almond mengandung protein kurang dari susu atau susu kedelai, tetapi memiliki rasa halus dan tekstur lembut. Susu almond dibuat dengan campuran almond dengan air. Susu almond juga bisa digunakan memasak dan baking. Secangkir susu almond hanya mengandung 60 kalori, yang membuatnya menjadi susu bebas pengganti yang baik untuk menurunkan berat badan.

(fny/jpnn/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas