Amnasmen: Anggaran Pilgub Dalam Pembahasan

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumbar melakukan rapat evaluasi soal anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah 2020.

“Kita masih evaluasi, nanti kita kembali lakukan rapat koordinasi dengan KPU kabupaten dan kota terhadap perkembangan, dan usulan anggaran yang disampaikan ke kabupaten dan kota tersebut,”kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen.

Dari hasil evaluasi nanti juga akan di bahas dengan Pemda dan Pemprov.

“Hasil usulan evaluasi sudah disampaikan ke kabupaten dan kota dan terkait persoalan yang dihadapi akan dibahas juga bersama Pemda dan Pemprov dan juga termasuk tim anggaran, dan direncanakan 13 Agustus 2019 kita kembali lakukan rakor bersama KPU kabupaten dan kota lagi, kemudian 14 Agustus 2019 mudah-mudahan sudah bisa penetapan soal anggaran,”jelas Amnasmen.

Sebelumnya, KPU Sumbar mengajukan anggaran Pilgub sebesar Rp 162 miliar. Angaran tersebut naik sekitar 110 persen, jika dibandingkan dengan anggaran Pilgub tahun 2015, yang hanya sebesar Rp72 miliar.

“Naiknya jumlah anggaran yang diajukan tersebut karena ada beberapa anggaran yang akan dibagi dengan KPU kabupaten kota. Secara garis besar misalnya, kotak, bilik suara, tinta, segel, dan sejumlah formulir yang dibutuhkan,” katanya.

Menurut Amnasmen, kenaikan anggaran Pilgub 2020 juga dipengaruhi oleh naiknya honor panitia adhoc baik itu PPK dan PPS.

“Kenaikan ini juga disebabkan karena ada kenaikan honor untuk panitia, sebelumnya ketua PPK saja Rp 1.250.000 dan anggotanya Rp 1 juta per orang. Sementara di Pilgub 2020 honor ketua PPK menjadi sebesar Rp 1.850.000 dan anggota sebesar Rp 1.600.000 per orang,”pungkas dia.

Saat disinggung terkait penetapan untuk calon anggota DPRD Provinsi, Amnasmen mengatakan akan dilakukan pada tanggal (14/8) mendatang.

“Kalau untuk penetapan anggota DPRD Provinsi, kemungkinan akan di laksanakan 14 Agustus 2019, sementara untuk pelantikan tentu kita ikuti jadwal sampai habis masa jabatan anggota DPRD sebelumnya, kalau tidak salah tanggal 28 habisnya, berarti kita akan sesuaikan dengan habisnya masa jabatan itu,”tutur dia. (dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas