Anak Miskin Dapat Mengenyam Pendidikan, Pemko Pariaman Jalin MoU dengan Poltekpel Sumbar

Padang-today.com__Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), meningkatkan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi vokasi di provinsi itu guna memperbaiki taraf perekonomian warga.

Bentuk kerjasama itu dilakukan dengan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MOU) oleh pihak Pemko Pariaman dengan Poltekpel Sumbar tentang realisasi program satu rumah satu sarjana yang dilahirkan oleh pihak pemko. Prosesi penandatangan MOU itu disaksikan dari sejumlah pejabat dari instansi terkait.

“Salah satu cara mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman adalah dengan meningkatkan pendidikan warga,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia menyebutkan saat ini Pemkot Pariaman sudah bekerja sama dengan tiga perguruan tinggi vokasi di Sumbar guna meningkatkan taraf pendidikan warga kota tersebut.

Ia merincikan pada 2018 Pemko Pariaman bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) yang mana sudah 19 pemuda Kota Pariaman dikuliahkan diperguruan tinggi tersebut.

Lalu dilanjutkan akhir tahun lalu, Pemko Pariaman juga menjalin kerjasama dengan Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang (ATIP).

“Kerja sama dengan perguruan tinggi yang terbaru yaitu dengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar,” katanya.

Ia menyebutkan sekitar 800 orang nelayan dan pemuda dikirim untuk mengikuti pendidikan dan pelatihaan keterampilan laut di Poltekpel Sumbar.

Ia mengatakan kerja sama tersebut merupakan salah satu program Satu Rumah Satu Sarjana dari Pemko Pariaman yang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan yang ada di dalam keluarga ekonomi tidak mampu di kota itu.

Menurutnya jika warga memiliki bekal pendidikan baik maka warga tersebut dapat memperoleh pekerjaan yang layak sehingga dapat memenuhi kebutuhannya dan keluarganya.

“Bahkan warga tadi pun dapat membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan warga yang memiliki pekerjaan yang layak dan dapat membuka usaha secara mandiri maka dapat mengangkat taraf kemiskinan keluarganya. (suger)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas