Anak Pedagang Kerupuk Jengkol, Penyandang Beasiswa Bidik Misi dan Juarai Sayembara Desain Tugu Kota Payakumbuh

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Tak disangka, anak pedagang kerupuk jengkol dan pencari barang-bekas, beralamat di Kelurahan Parikrantang, Payakumbuh Barat, Rahmat Oktaviano, 19 tahun, berhasil memenangkan Sayembara Desain Tugu Ikon Kota Payakumbuh, 2014. Rahmat yang mempresentasikan desainnya sempat membuat Walikota Riza Falepi terkagum-kagum. Rahmat begitu percaya diri.

Advertisements

Selain memperoleh piagam dan uang sebesar Rp25 Juta, Rahmat yang kini tercatat sebagai mahasiswa Politeknik Unand Padang , diminta Walikota Riza Falepi, mempresentasikan desain hasil rancangannya di hadapan niniak-mamak 8 nagari dan Muspida, dalam acara yang digelar Disparpora dan Kantor Kesbangpol di Balairung rumah dinas kediaman Walikota Payakumbuh, Senin (17/11) malam.

Saat presentasi hasil karyanya, Rahmad didampingi Wadir III Politeknik Negeri Padang Junaidi dan Dosen Teknik Sipil Fauna Adibroto. Ia tampil percaya diri di hadapan niniak-mamak serta dihadapan sejumlah pimpinan SKPD serta pimpinan kota ini.

“Saya berasal dari keluarga tidak mampu. Bisa kuliah, karena dapat beasiswa bidik misi. Sebelum membuat desain tugu Payakumbuh ini, saya pernah menjadi wakil Payakumbuh dalam acara Forum Anak Nasional,” kata Rahmat.

Soal Desain Tugu Ikon Kota Payakumbuh yang dibuatnya, dengan judul “Tugu Batiah Ratapan Ibuh”, Rahmat mengaku terinspirasi dari falsafah Payakumbuh. Yakni, “Aianyo Janiah, Ikannyo Jinak, Tapiannyo Landai.”

Wali Kota Riza Falepi bersama Wawako Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Trisno Widodo, Kapolresta AKBP Yuliani, Kajari Hasbih, Ketua LKAAM Indra Zahur Dt Rajo Simarajo dan Kadisparpora Drs Syahnadel Khairi, mengapresiasi desain rancangan Rahmat.

Menurut Syahnadel Khairi didampingi Sekretaris Disparpora Dafrul Pasi dan PPTK Pembangunan Icon Pariwisata Daerah Budhy Dharma Permana, Sayembera Desain Tugu Kota Payakumbuh yang digelar sejak Oktober lalu, merupakan lanjutan dari Sayembara Falsafah Kota Payakumbuh.

Sebelum kedua sayembera dengan total hadiah Rp85 Juta ini digelar, Disparpora menyusun konsep sayembara, dengan melibatkan tim kurator dan tim ahli yang ditetapkan Wali Kota Riza Falepi.

Yakni, Drs Hanefi MPd, Ediwar SSN MHum PHd, Drs Hajizar MSn, Asril SKar MHum, Haris Satria SPd MSn, Rezki Ikhwan SDs, Hamzah SSn MSn, Drs Jufri MSn, Maharnis Zul, H Indra Zahur Dt Simarajo, M Fajar Rillah Vesky, MJ Dt Majo Indo Nan Mamangun, dan H Mismardi.

Adapun dewan juri dalam sayembera ini adalah para pakar dari sejumlah perguruan tinggi dan kalangan profesional. Yakni, Prof Gusti Asnan, Zulfkifli SKar MHum, Drs Syafwandi MSN, San Ahdi SSn MDs dan Murdifin ST.

Selain Rahmat Oktaviano, pemenang kedua dalam sayembara desain tugu kota adalah Kelompok Trilogy Pemuda. Sedangkan pemenang ketiga dan harapan, diraih Erick Pirnando dan Kelompok Locah Tech.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*