Ancam Keselamatan Pemakai Jalan, Gerbang Kota Dibongkar dan Dijanjikan Dibangun Kembali

Gerbang kota yang sudah patah, sebelum dibongkar.

Gerbang kota yang sudah patah, sebelum dibongkar.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-PT Semen Padang memastikan akan membangun kembali gerbang kota di Balai Panjang, Payakumbuh Selatan. Gerbang kota dari arah Bukittinggi yang lama, telah dibongkar Dinas Tata Ruang  Kebersihan (DTRK) menggunakan alat berat. Dibantu sejumlah personil Dishubkominfo dan Polantas Polresta Payakumbuh, Senin (10/10) dini hari. Dimulai pukul 03.00 dan berakhir pukul 05.30 WIB.

Pembongkaran gerbang kota yang lama, dipimpin langsung Kepala DTRK Elfi Jaya, ST. Gerbang lama, dinilai sudah rusak berat. Bagian atasnya, sudah patah, akibat ditabrak truk, sejak 6 bulan lalu. Hingga sekarang, tak diketahui truk yang menabrak gerbang itu.

“Jika tak dibongkar, bakal mengancam keselamatan pemakai jalan,” terangnya.

Keterangan Elfi Jaya di Balaikota Payakumbuh, pembongkaran gerbang kota lama itu bertujuan untuk menghindari kecelakaan.

Petugas saat membongkar gerbang kota, menggunakan alat berat, Senin dinihari.

Petugas saat membongkar gerbang kota, menggunakan alat berat, Senin dinihari.

“Jika tak dibongkar, kita khawatir akibat getaran kendaraan, bagian atas gerbang bisa roboh dan menimpa pengemudi kendaraan yang melintas di jalan tersebut,” sebut Elfi Jaya.

Rencana pembangunan gerbang kota itu, tambahnya, akan dibangun kembali oleh PT Semen Padang. Sejak gerbang kota itu dibangun 15 tahun lalu, Semen Padang selalu mensponsorinya. Makanya, untuk membangun kembali, Semen Padang sudah menyampaikan sinyal untuk itu.

“Paling lambat, akhir tahun ini PT Semen Padang sudah memulai pekerjaannya. Bentuknya, tetap bercirikan khas Minang. Disesuaikan dengan perkembangan zaman,” simpul Elfi Jaya, mantan pesepakbola ternama Payakumbuh ini.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas