Anggota DPRD Agam Sibuk Kunker Keluar Daerah, Aspirasi Masyarakat Terabaikan

Kantor DPRD Agam yang sepi, karena Anggota Kunker keluar daerah.

Kantor DPRD Agam yang sepi, karena Anggota Kunker keluar daerah.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Bagaimana DPRD Agam dapat menyelesaikan berbagai persoalan rakyat, jika kehadiran anggota dewan yang merupakan wakil rakyat ke rumah rakyat, tidak satupun terlihat.

Dari pantauan padangtoday.com di gedung DPRD Agam, Selasa (24/2), tampak sepi dari aktifitas wakil rakyat yang telah dipilih masyarakat pada Pemilihan Legislatif 2014 lalu.

Salah seorang masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasinya kepada wakil rakyat, Idham Rajo Bintang mengatakan, sangat kecewa terhadap tidak adanya satu orangpun anggota dewan yang hadir, padahal kedatangannya untuk menyampaikan spirasi penting menyangkut persoalan masyarakat salingka danau Maninjau terhadap PLTA yang dinilai kurang berkontribusi terhadap masyarakat atas pemakaian air danau.

” Kami dari Forum masyarakat Adat Selingka Danau Mainjau telah memasukkan surat ke gedung DPRD Agam sejak Januari lalu, namun sampai saat ini belum ada balasannya. Maka dari itu kami mendatangai kantor DPRD yang akan Menggulirkan hak rakyatnya yang saat ini menimbulkan polemik dan kegelisahan di tengah-tengah masyarakat Maninjau, akan tetapi anggota dewan tak satupun berada di rumah rakyat ini. Kalau seperti ini, kepada siapa kami hendak mengadu lagi, sedangkan wakil kami yang telah kami pilih malah sibuk keluar daerah” ujar Idham Rajo Bintang.

Sementara itu, ketika ditanya tentang tidak hadirnya sejumlah anggota dewan di gedung DPRD Agam, Marga Indra selaku ketua DPRD Agam saat dihubungi melalui telpon genggamnya mengatakan, bahwa seluruh anggota dewan sedang melaksanakan kunjungan kerja ke luar daerah.

” Saat ini seluruh anggota dewan yang berjumlah 45 orang sedang melaksanakan kunjungan kerja ke tiga tempat yaitu Bandung, Lombok dan Bali mulai hari Selasa (24/2) sampai Sabtu (28/2). Sedangkan untuk pelayanan kepada masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasinya ke gedung DPRD, kita telah siapkan beberapa staff untuk melayani masyarakat yang datang” imbuhnya.

Selain itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Masyarakat Agam (KOMA)Anizur, mempertanyakan kenapa anggota dewan dari Kabupaten Agam ini selalu melakukan kunker ke Pulau Bali, padahal hasil dari Kunjungan kerja yang telah dilakukan berulang kali tersebut tidak menunjukkan hasil bagi masyarakat.

” Harusnya para wakil rakyat yang duduk di gedung DPRD Agam lebih mementingkan kepentingan rakyat, karena mereka di pilih oleh rakyat untuk memperjuangkan nasib rakyat, bukan untuk menyibukkan diri dengan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Kalau sepertin ini kan gedung DPRD kelihatan kosong melompong ketika masyarakat datang untuk menyampaikan aspirasinya” ujar Anizur.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*