Anggota DPRD Payakumbuh, Syafrizal Peduli dengan Pemukiman

Anggota DPRD Payakumbuh Syafrizal

Anggota DPRD Payakumbuh Syafrizal

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Kepedulian salah seorang anggota DPRD Kota Payakumbuh daerah pemilihan (Dapil) Latina dan Payakumbuh Utara, Syafrizal, terhadap pemukiman masyarakat cukup tinggi. Sehingga sering melakukan rapat-rapat dengan konstituen, dan selalu menghadiri rapat musrenbang.

Jika usulan masyarakat terhadap saluran drainase tidak terealisasi pada tahun 2015 ini, di kelurahan Pariak Muko Aia, kecamatan Lamposi Tigo Nagori dikuatirkan rumah dinas DPRD Kota Payakumbuh dan beberapa buah rumah pendudukan digenangi air.

“Pasalnya, debit banjir makin tinggi, tentunya akan merendam rumah dinas ketua DPRD, dan rumah masyarakat yang berada pada zona merah. Parik Muko Aia, Padang Sikabu, Parambahan dan Sungai Durian, akan jadi waduk, “ujar Syafrizal salah seorang anggota DPRD Kota Payakumbuh yang berasal dari daerah pemilihan Latina dan Payakumbuh Utara, di kantor DPRD setempat, Kamis (26/2).

Padahal langkah strategis melalui Musrenbang telah berulang kali diusulkan, utamanya pembongkaran dan pembangunan kembali bendungan Batang Pulau di Api-Api Taratak dengan biaya Rp4 Milyar. Namun entah kapan realisasinya.

Pembongkaran dan pembangunan kembali jembatan Batang Pulau Rp4 Milyar, itupun entah kapan mulainya. Sebelumnya pelebaran/normalisasi Batang Pulau telah diangsur oleh Pemprov dan Pemko Payakumbuh.

Jika dihitung secara matematik, sekali banjir masing-masing kelurahan merugi Rp20.000.000, maka dalam setahun nilai kerugian adalah  di 13 Kelurahan di kali Rp20.000.000, dan dikali 3 banjir sama dengan Rp780.000.000.

Kemudian, jika dihitung kerugian 30 tahun sama dengan 30 dikali  Rp780.000.000 sama dengan Rp23.400.000.000. Jumlah uang tersebut tak terbayang bagi kita, karena jumlahnya cukup besar.

“Kita melihat untuk mengantisipasi rumah dinas ketua DPRD dan rumah penduduk setempat, akan menghabiskan dana sebesar Rp8 Milyar. Mudah-mudahan dapat meminimalisir kerugian masyarakat sebesar Rp23.4 Milyar tersebut,“ harap Syafrizal.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*