ANGGOTA SATGAS TMMD/N BANTU MASYARAKAT PANEN PETE

 

Padang-today – Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam adalah Nagari yang terkenal sebagai penghasil Pinang, Tembakau, pete dan jengkol.

Khusus Pete tanaman ini menyebar di hampir sebagian Nagari maupun perbukitan milik warga, tak terkecuali di lokasi pohon keramat.

Terlihat beberapa warga Jorong di Sungai Puar sedang memanen Pete yang letaknya di areal kebun Pak Zahar.

Sebelum adanya pembangunan jalan yang dilakukan TNI melalui program TMMD/N Reguler 105, masyarakat yang mempunyai harta warisan tanah di sekitar areal kebun Pak Zahar tidak berani memanen Pete miliknya.

Wajar memang, selain karena lokasinya sepi dan jalan setapak, mereka takut akan mitos keangkeran pokok turun temurun.

Dinyatakan salah satu warga, Abdullah (54) bahwa, dulu hampir tak pernah memanen Pete di kebunnya karena takut diganggu penghuni gaib wilayah kebun Pak Zahar.

Kini dengan banyaknya masyarakat dan TNI yang lalu-lalang dia pun berani memanennya. Tentu saja dengan adanya jalan yang dicor baru sepanjang 2,2 kilometer dan tepat persis di samping pohon keramat serta kebunnya, acara panen besar Pete digelar, apalagi motornya dapat langsung mengakses ke kebun.

Pria paruh baya tersebut juga meyakini bahwa kedepan harga tanah kebunnya juga akan melonjak tajam.

Praka Richi Hatta Wira dan Praka Geri dari satuan Denzipur 2/Prasa Sakti Payakumbuh yang tergabung dalam satgas TMMD/N, Reguler 105 Kodim 0304/Agam dengan semangat membantu memanjat pohon Pete milik Pak Zahar yang sudah di anggap seperti orang tua sendiri.

Di samping itu juga Pak Zahar juga sebagai Orang tua asuh anggota Satgas tersebut, Sangat berterimakasih karena sudah mau ikut membantu panen Pete di lokasi kebun saya.

“Biasanya saya panen Pete sendirian itu harus mencari tangga dan makan waktu yang cukup lama, dan sekarang sudah ada yang membantu panen Pete jadi waktu itu begitu singkat,”ujar Zahar.(aa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas