Angkat beban bantu tingkatkan kemampuan mengingat

Olahraga GYM.

Olahraga GYM.

Advertisements

PADANGTODAY.com– Angkat beban adalah salah satu jenis olahraga yang bisa membuat Anda lebih berotot. Namun ternyata manfaat angkat beban tak hanya baik untuk fisik, melainkan juga untuk otak. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa melakukan angkat beban bisa meningkatkan kemampuan untuk mengingat.

Hasil penelitian ini didapatkan peneliti dari Georgia Institute of Technology setelah mengamati 46 orang dewasa. Partisipan diminta untuk melihat 90 foto di layar komputer. Peneliti tak meminta partisipan menghapal gambar, namun akan mengetes ingatan mereka setelahnya.

Selanjutnya peneliti mengamati bedanya partisipan yang melakukan angkat beban dan yang tidak melakukan angkat beban. Partisipan diminta datang kembali dan mengingat 90 foto yang sudah dicampur dengan 90 foto lainnya, seperti dilansir oleh Woman’s Health News (02/10).

Hasilnya diketahui bahwa partisipan yang melakukan angkat beban bisa mengingat 10 persen lebih banyak dibandingkan dengan partisipan yang tidak melakukan angkat beban. Penelitian ini menemukan kaitan antara tubuh yang sehat dan pikiran yang lebih cemerlang. Namun ini bukan penelitian pertama yang mengaitkan antara keduanya.

Sebuah penelitian di Brazil juga menemukan bahwa latihan angkat beban selama enam bulan juga meningkatkan fungsi otak untuk meningkatkan kemampuan mengingat jangka pendek dan panjang. Meski begitu, penelitian terbaru ini tergolong unik, karena menemukan bahwa melakukan angkat beban satu kali saja sudah bisa meningkatkan kemampuan mengingat.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan mengingat, bisa mencoba untuk melakukan olahraga angkat beban. Yang terpenting adalah melakukan olahraga untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar agar otak juga jadi cemerlang.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*