Antisipasi Inflasi, Kemendag Pantau Harga Di Kota Pariaman

Photo Ilustrasi Pantau Sembako dari Kemendag RI

 

Padang-today.com__Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) melakukan pemantauan harga sembako di pasar Kuraitaji, Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat agar tidak terjadi kenaikan secara signifikan sehingga berpengaruh kepada inflasi.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti menyatakan pihkanya melakukan pantauan harga di Kota Pariamn khusus dipantai di pasar Kuraitaji Pariaman karena berkaitan dengan bangunan pasar tersebut melalui anggaran pusat.

“Kita akan pantau dan benar-benar menjaga kondisi harga dan pasokan bahan pokok,” kata Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti di Pariaman, beberapa hari lalu di Paariaman.

Tak hanya itu, Kemendag juga berencana melakukan pemantauan harga lewat inspeksi mendadak di berbagai daerah lainya. Kementerian Perdagangan juga bekerja sama dengan Satuan Tugas Pangan untuk memastikan tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

Menurutnya, pembentukan harga bakal efektif jika operasi pasar dilakukan langsung ke pedagang. Hal ini dilakukan akan ada dampak positifnya. “Menurut saya, kemudahan akses masyarakat langsung di titiknya juga  bisa berpengaruh untuk mengurangi tekanan harga di pasar. Meski begitu, pemerintah juga harus menggencarkan sosialisasi agar masyarakat bisa mendapatkan akses bahan pokok murah,” kata Tjahya.

Menurutnya, setelah dilakukan pemantauan harga sembako bersama pimpinan daerah beserta dinas terkait, bahwa saat ini harga beberapa sembako di Pariaman masih stabil.

“Terutama harga ayam dan beras masih tergolong stabil, yakni harga ayam Rp25 ribu perkilo dan beras Rp13 ribu perliter,” ujarnya. Selanjutnya, kata dia, pihaknya mengusulkan agar beras lokal dimasukan ke harga khusus supaya bisa dijual secaran eceran dengan harga khusus juga,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan upayakan usulan tentang harus lokal itu dengan Dinas Pertanian dan Perindagkop dalam waktu dekat.

“Untuk menjaga harga tetap stabil, pemko Pariaman setiap hari selalu pantau harga di pasar pariaman, jika ada harga yang terlalu tinggi maka petugas langsung tegur dan beri tindakan pada yang bersangkutan,” tutupnya. (suger)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas