Apa yang Harus Dilakukan Disaat Idul Fitri

Photo Ilustrasi Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Padang-today.com__Hari ini, Rabu 05/06/2019 umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah. Ribuan umat memadati tempat dijalankannya sholat Idul Fitri atau Ied 2019. Sholat Idul Fitri merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan setelah menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh.

Shalat idul Fitri merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan selepas terbit matahari hingga waktu tiba. Agar afdhal dalam pelaksanaan Sholat Ied Idul ini, www.padang-today.com menjelaskan tentang sunah-sunah yang dilakukan oleh Rasulillah SAW pada saat sebelum menunaikan Sholat Ied  itu

Sebelum menunaikan sholat Ied, disunahkan bagi umat Muslin melaksanakn yaitu mandi sebelum pergi melaksanakan sholat Idul Fitri di lapangan maupun di masjid. Mandi sebelum sholat Ied merupakan jenis mandi yang disunahkan oleh Rasulullah SAW.

Mandi sebelum Idul Fitri ini sama hukumnya dengan mandi sebelum shalat Jumat, mandi setelah memandikan mayat, dan mandi sebelum Hari Raya Idul Adha. Mandi sunah ini  dapat dilakukan sejak tengah malam hari raya atau pada pagi saat Subuh.

Selain itu disunahkan berpakain bersih dan rapi, pakaian terbaik yang kita milki. Raulillah SAW menyukai yang bewarna putih untuk laki-laki, adapun wanita dianjurkan berwarna gelap.

Lalu disunahkan bagi laki-laki memakai parfum, sedangkan wanita tidak dibolehkan mengunakan parfum. Kemudian disunahkan untuk makan sebelum berangkat ke masjid atau kelapangan untuk melaksankan sholat ied. Namun karena hukumnya bukan kewajiban, seadainya kita tidak sempat makan dulu sebelum shalat tentu tidak menggapa hukmnya.

Makan sebelum Shalat Ied, makan pagi atau serapan terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat idul Fitri. Dari Anas bin Malik radliyallahuanhu berkata, “RasululLah SAW tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari)

Lalu disunahkan untuk berjalan kaki untuk menuju tempat sholat idul fitri, tidak mengunkan kenderaan. Kemudian disunahkan untuk memperbanyak takbir tahkmit serta tahlil ketika berangkat ketempat sholat. Takbir dan Tahlil terus dibaca sampai menjelang pelaksanaan sholat.

Seterusnya, disunahkan untuk mengambil jalan yang berbeda, yaitu antara berangkat hingga pulang untuk sholat tidak mengunakan jalan yang sama. Ketika sudah sampai di masjid atau tanah lapang untuk pelaksanaan sholat idul fitri, tidak diperbolehkan melaksanakan sholat sunah kahbliyah. Seterusnya melaksanakan sholat idul fitri bersama Imam sampai selesai.

Kemudian, setelah melaksanakan sholat ied berjamah bersama imam maka tidak langsung pergi meninggalkan lapangan masjid. Hendaknya disunahkan mendengarkan Khotib ber khotbah sampai selesai.

Seterusnya disunahkan saling mendoakan diantara sesama Muslim dengan ucapan ‘Taqobbalallahu Minna Waminkum Taqobbalallahu Yaa Kariim’ sambil berjabat tangan. Semoga Allah SWT memberikan pahala yang besar pada Hari Raya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas