Apakah Masih Serancak Dulu, Menkes Datang Lagi Ke Payakumbuh

Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek,  SpM (K),  dipastikan akan berkunjung ke Payakumbuh, 9 April mendatang. Menkes menunjuk Payakumbuh sebagai tuan rumah dalam rangka  memperingati Hari Integrasi Kesehatan Internasional 2015. Walikota Payakumbuh H Riza Falepi, Minggu (5/4), mengatakan, Menkes Nila Moeloek ingin kembali ke kota ini, apakah program kesehatan di Payakumbuh masih sarancak dulu, ketika ia berkunjung tahun 2011 lalu.

Nila Moeloek pernah ke Payakumbuh, ketika masih berstatus pejabat khusus dari Kepresiden SBY. Waktu itu, ia memimpin tim penilai  MDGs Award pusat. Dan selama di kota ini, Nila menyaksikan langsung program air bersih, sanitasi, pengelolaan persampahan, dan kesehatan cukup menonjol. Makanya, tak heran di tahun itu, Payakumbuh keluar sebagai penerima penghargaan MDGs Award di bidang pengeloaan air bersih. Penghargaan yang sama kembali ditoreh Payakumbuh pada 2013, dalam bidang pendidikan insklusif.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Rosnini Safitri, ketika turun ke Payakumbuh, melihat persiapan kunjungan Menkes, Jum’at (3/4), mengatakan, Menkes Nila Moeloek sangat respek ke Payakumbuh. Menurutnya, ibu Menkes ingin melihat kemajuan program kesehatan di Payakumbuh.

“Apakah program kesehatan terpadu di Payakumbuh, masih sarancak dulu,” ucap Rosnini mengutip Menkes.

Kadiskes Sumbar Rosnini berharap, agar pemko benar-benar mempersiapkan diri dengan kunjungan Menkes tersebut. Pilihan Payakumbuh sebagai tuan rumah Hari Integrasi Kesehatan Internasional 2015, anugerah yang harus disyukuri. Siapa tahu Menkes punya perhatian khusus memberikan bantuan buat kota ini tahun-tahun mendatang.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Minggu mengatakan,  selain memperingati  Hari Integrasi Kesehatan Internasional 2015, Menkes juga melounching program adalah program ODF (Open Defecation Free)atau jambanisasi. Kota Payakumbuh dalam beberapa tahun ke depan harus bebas dari buang air besar disembarang tempat.  Karenanya, program jambanisasi  harus disukseskan oleh seluruh lapisan masyarakat, katanya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*