APK Masih Terpasang Ditertibkan

Padang-today.com –  Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu berada di 47 kelurahan Kota Payakumbuh dibongkar tim gabungan.

Tim gabungan penertiban APK di Payakumbuh yakni, Dishub, Satpol PP, pihak kepolisian dan lainnya. Untuk penertiban APK sulit dijangkau terpaksa gunakan  mobil crane milik Dishub.

“Penertiban dilakukan pada Minggu ( 14/4) mulai pagi hingga sore hari di 47 kelurahan dan lima kecamatan di Kota Payakumbuh,”kata Ketua Bawaslu Payakumbuh, Muhammad Khadafi di Payakumbuh.

Ia menjelaskan, penertiban APK peserta pemilu ibagai beberapa tim.

“Tim disebar menurunkan APK masih terpasang  di kota Payakumbuh saat masa tenang tahapan pemilu 2019.

Peserta pemilu di Payakumbuh masa tenang ini tidak dibolehkan terpasang APK. Seluruh peserta pemilu dimasa tenang mulai 14-16 April 2019 seharusnya secara sadar menurunkan APK.

“Memasuki masa tenang, tidak hanya pemasangan alat peraga, kegiatan kampanye dalam bentuk apa pun dilarang,”tegas Muhammad Khadafi.

Sementara itu Nurhaida Yetty Komisioner Bawasly Sumbar menyatakan sekarang ini sudah memasuki masa tenang. Peserta Pemilu tidak ada kegiatan kampanye dan APK terpasang harua dibongkar.

“Pembongkaran APK ini dilakukan seluruh kabupaten kota di Sumbar,”kata dia.

Penertiban ini masih terus dilakukan hingga tiga, jika masih ada APK ada gambar caleg dan capres-cawapres.

“Semua wajib dibersihkan semua terpasang  dan belum dibongkar masing-masing caleg dan tim pemenangan pasangan capres-cawapres,”tegas Nurhaida Yetty.

    Selain penertiban APK disaat masa tenang, lanjut dia Bawaslu juga melakukan kegiatan patroli politik uang.

“Seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten kota di Sumbar melakukan patroli politik uang, masa tenang ini ditanggrai terjadi politik uang atau dikenal serangan sajar,”pungkas Nurhaida Yetti.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas