Aplikasi Emu iOS Diakuisisi Google

California, PADANGTODAY.com – Google kembali akan mengakusisi sebuah perusahaan startup. Kali ini yang menjadi target adalah Emu, penyedia aplikasi pengiriman pesan khusus iPhone dan aplikasi virtual assistant.

Proses akuisisi ini ditegaskan oleh Emu melalui pesan yang diposting di situs resminya. Meski demikian, mereka belum memberikan informasi mengenai nilai nominal dari akuisisi tersebut.

Pesan yang disampaikan oleh Emu menyebutkan bahwa aplikasi layanan pesan dan aplikasi virtual mereka akan ditutup pada 25 Agustus 2014, yang berarti tidak akan lagi tersedia untuk pengguna iOS melalui App Store.

Dilansir dari PhoneArena, akuisisi ini menimbulkan rasa penasaran para pengamat karena ada kemiripan fungsi antara Emu dengan dua layanan Google yaitu Hangouts dan Google Now.

Pendiri sekaligus CEO Emu, Gummi Hafsteinsson merupakan “mantan karyawan” Google dan juga Apple. Ia merupakan salah satu sosok di balik pengembangan aplikasi Siri yang hadir di perangkat iOS

Sejumlah fitur unggulan Emu disebut telah dimiliki oleh Google. Emu dan Hangouts sama-sama memiliki opsi berbagi lokasi melalui chat.

Selain itu, keunggulan Emu yang lain adalah bisa menambahkan agenda acara ke kalender pengguna. Google sendiri juga memiliki fungsi serupa, dimana Google Now akan bertanya kepada pengguna apakah mereka ingin menambahkan agenda acara ke kalender berdasarkan pesan di layanan Gmail.

Emu juga bisa memberikan rekomendasi restoran, fungsi ini sama seperti yang dimiliki Google Now jika pengguna mencari sebuah tempat. Fitur rekomendasi tempat juga dimiliki Google Maps. (pa/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas