Apple Watch Telah Resmi Dijual

Ilustrasi

Ilustrasi

PADANGTODAY.COM– Apple Watch telah resmi dijual secara online sejak minggu lalu. Sampai saat-saat peluncurannya, masih ada satu pertanyaan yang membuat banyak orang penasaran, yakni mengapa Apple tidak menamainya dengan nama iWatch.

Cukup mengejutkan bila Apple akhirnya memilih nama yang sangat sederhana untuk smartwatch pertamanya, Apple Watch. Padahal, banyak pihak, mulai dari analisis hingga distributor gadget Apple sebelumnya ramai menyebut nama ‘iWatch’.

Ternyata, alasannya cukup sepele, nama ‘iWatch’ sudah dimiliki oleh perusahaan lain bertahun-tahun lalu. Dikutip dari Phone Arena (12/04), nama iWatch telah dipatenkan oleh perusahaan OMG Electronics sejak tahun 2012.

Sama seperti Apple, OMG Electronics juga memberikan nama itu pada jam tangan pintar mereka. Sayangnya, usaha mereka untuk mendapatkan uang lewat situs patungan Indiegogo gagal. Nasib ‘iWatch’ OMG Electronics pun tidak jelas sampai saat ini.

Nah, jauh sebelum OMG Electronics mengambil nama iWatch, perusahaan Amerika lain bernama M.Z Berger&Co. pernah mencoba mematenkan nama iWatch. Akan tetapi usaha itu gagal setelah perusahaan pembuat jam Swiss, Swatch, mengajukan keberatan karena nama iWatch bisa membuat pelanggan Swatch bingung karena kemiripannya.

Di sisi lain, di Eropa nama iWatch sudah dimiliki oleh perusahaan bernama Probendi sejak tahun 2008. Bahkan, Probendi dilaporkan pernah menyatakan akan menuntut Apple bila nama iWatch dipakai untuk jam tangan pintar perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut.

Sekarang sudah jelas bukan mengapa Apple memilih nama Apple Watch ketimbang iWatch sebagai nama smartwatch yang harga varian termahalnya mencapai ratusan juta rupiah tersebut. Apple tentu ingin menghindari masalah hukum dengan banyak perusahaan lain di luar sana.

(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas