Aria Bima: Rapat Pimpinan DPR Dan Fraksi Belum Ada Titik Temu, Pemilihan dilakukan Secara Proporsiaonal

Politikus PDIP Aria Bima.

Politikus PDIP Aria Bima.

PADANGTODAY.com-Keinginan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) untuk musyawarah mufakat dalam menentukan paket pemilihan pimpinan komisi belum bisa diakomodir. Koalisi kubu Jokowi ini akhirnya meminta agar kembali dilakukan lobi sebelum pemilihan nanti.

Politikus PDIP Aria Bima mengatakan dalam rapat konsultasi pimpinan DPR dan pimpinan fraksi tadi tidak menemukan titik temu. Karena itu, pihaknya ingin melakukan lobi lagi agar pemilihan pimpinan komisi dilakukan dengan sistem proporsional.

“Belum ada titik temu, tapi akan diadakan rapat lagi dengan pimpinan dewan dan pimpinan fraksi tentang paket nantinya dengan cara musyawarah, kalau bisa walaupun sulit,” kata Aria di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/10).

Dia menerima jika nanti pemilihan melalui sistem paket. Akan tetapi, penentuan paket itu dilakukan dengan musyawarah mufakat. Kalaupun tak bisa dilakukan, pihaknya siap untuk voting.

“Paket yang dimusyawarahkan, komposisi diambil musyawarah, kalau tidak bisa voting,” imbuhnya.

Aria menjelaskan, rapat ini menyepakati 3 agenda yang bakal dibawa ke paripurna, yakni soal jumlah komisi, jumlah anggota dalam komisi dan alat kelengkapan dewan.

Setelah paripurna disahkan, kata dia, nanti komisi dengan masing-masing anggotanya bakal memilih pimpinan komisi. Sebelum itu dilakukan, Aria menambahkan, akan dilakukan lobi lagi soal tata cara pemilihan.

“Kita umumkan dulu (di paripurna), baru masuk ke pimpinan komisi, sebelum itu kita pertemuan lagi,” pungkasnya.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas