Arus Pendek Akibatkan Satu Rumah di Kelurahan Jalan Baru di Lalap Sijago Merah

Padang-today.com__Diduga karena hubungan arus pendek listrik mengakibatkan satu buah rumah yang berlokasi di jalan syamratulangi Kelurahan Jalan Baru di lalap oleh sijago merah, Jumat 21-06-2019.

Beruntung rumah yang sehari-harinya ditinggal kosong oleh pemiliknya Uni Mar yang berjualan lontong di depan RSUD Pariaman itu tidak habis di lalap api, karena musibah tersebut cepat diketahui oleh orang yang lewat di depan rumahnya yang melihat asap hitam sudah mengepul dari atap rumahnya.

Hal tersebut membuat pejalan kaki itu berteriak-teriak disekitar rumah Uni Mar sehingga membuat warga sekitar berhamburan keluar rumah untuk melihat kejadian yang berlangsung sekitar pukul 10.00 wib itu.

Tak hayal musibah tersebut membuat warga menjadi kaget karena takut kebakaran itu akan merembes ke rumah tetangga lainnya yang saling berdekatan, sehingga para tetangga langsung menelpon petugas pemadam kebakaran Kota Pariaman untuk segera bisa datang ke lokasi guna menjinakkan sijago merah itu.

Pada saat kejadiaan berlangsung Uni Mar yang sedang berjualan di depan RSUD Desa Kampung Baru langsung dijemput oleh tetangganya untuk memberitahukan musibah yang sedang terjadi.Tak sampai 15 menit 2 unit mobil pemadam kebakaran Kota Pariaman dapat menjinakan sijago merah itu.

Tidak cukup 1 jam, pihak Pemadam Kebakaran Kota Pariaman dapat menyelematkan rumah warga lainnya agar api yang membakar rumah Uni Mar tidak menyela ke rumah warga yang lain.

Siang setelah kejadian, kata Uni Mar, bahwa beliau sudah merasakan perasaan yang tidak tenang semenjak pagi hari ketika akan pergi berangkat untuk berjualan, ketika sedang berjualan beliau selalu berkeingginan untuk bisa segera pulang dan seakan-akan dalam pikirannya beliau merasa sudah sampai di rumah dengan barang jualan yang sudah diletakan di ruang tengah rumahnya.

Ibu dari dua orang anak ini tidak menyangka kalau perasaan yang tidak enak itu ternyata firasat dari musibah kebakaran yang menimpa rumahnya.  Beruntung berkat kesigapan dari petugas pemadam kebakaran yang turun dua unit mobil dari Kota Pariaman dan satu unit mobil bantuan dari Kabupaten Padang Pariaman, berhasil memadamkan api yang sudah berkobar di atap rumah Uni mar.

Akibat kejadian itu kerugian yang diderita ditaksir sekitar + Rp.15.000.000,- , karena yang terbakar adalah seluruh plafon atau kuda-kuda dari rumah itu sehingga tidak bisa dipergunakan lagi dan harus diganti semuanya.

Uni Mar yang seorang single parent ini merasa beruntung rumahnya masih bisa ditempati bersama dua orang anaknya , yang perempuan saat ini sedang menimba ilmu di Mercubuana Kota Padang dan anak bungsu lelakinya saat ini sedang sekolah di SMA 3 Kota Pariaman .

Tidak lupa beliau mengucapkan terimakasih kepada para tetangga yang sudah membantunya dan khususnya pada petugas pemadam kebakaran Kota Pariaman yang selalu siap siaga dan bertindak cepat dalam memadamkan api.

“ Semoga petugas pemadam kebakaran selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas berat yang diembannya,” tandasnya menghakiri.

Sementara keterangan Ilham, salah satu petugas Damkar Kota Apriaman membenarkan terjadinya kebakaran itu akibat konsleting listrik. Sehingga atap rumah atas nama Uni Mar itu dilalap sijago merah.

“Seluruh personil yang terlibat dalam pemadaman api berjumlah 15 orang dan menggunakan dua unit mobil pemadam. Tak sampai 1 jam api sudah bisa dipadamkan sebelum menyala ke bagian lain rumah. Tak banyak yang terbakar hanya sebagian loteng rumah saja,” jelas Ilham.

Kerugian material, kata dia, diperkirakan sekitar Rp100 juta dan tidak ada korban jiwa. Diketahui juga dalam bulan ini, peristiwa tersebut merupakan kebakaran pertama kalinya di Kota Pariaman.

Pihak Damkar juga mengimbau warga untuk berhati-hati dan selalu waspada agar tidak terjadi kebakaran. Jika terjadi kebakaran segera hubungi 075192113 Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran. (Herry Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas