ASN Sebagai Abdi Masyarakat Harus Menauladani Sifat Nabi

Batusangkar, TODAY—Memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW, tidak serimonial semata namun pada intinya untuk meneladani sifat-sifat beliau, sifat jujur dan amanah. Selaku Aparatur Sipil Negara (ASN), sifat jujur dan amanah harus dimiliki dalam menjalankan tugas sebagai  abdi negara dan abdi masyarakat. Perilaku jujur dan amanah akan mendorong lahirnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Demikian dikatakan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Irwandi di depan anggota Kopri dan Kodim 0307/TD dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di Masjid Nurul Amin Pagaruyung, Jum’at (14/11).

Irwandi tambahkan kejujuran itu sangat berat. “Kadang sulit mengatakan yang benar, agama perintahkan sampaikan yang benar walaupun itu pahit, tetapi tidak semua yang pahit itu jelek bahkan obat pun pahit namun menyehatkan,” ujar Irwandi.

Hal senada juga disampaikan Ustadz Yendri Junaidi dalam tausiyahnya bahwa, Rasulullah manusia yang mulia, tokoh yang disegani sekaligus dicintai.

“Nabi Muhammad SAW punya kebesaran hati dan kerendahan hati, kepribadian dan kemuliaannya lahir secara alami, tidak dibuat-dibuat,” sampai Ustadz Yendri yang juga pimpinan Ponpes Thawalib Putra Padang Panjang sekaligus dosen STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang.

Dikatakan Rasulullah manusia istimewa yang berbeda dengan tokoh-tokoh besar yang pernah lahir di dunia ini. “Beliau sosok yang sukses dan bisa menjadi teladan dari seluruh sisi kehidupan, sosok kepala keluarga yang luarbiasa, pemimpin yang mengayomi, panglima perang yang tangguh dan sebagainya. Satu hal lagi, kebesaran beliau berdampak positif terhadap orang di sekitarnya tidak terang sendiri sementara cahaya orang lain menjadi redup,” tutur Uztadz Yendri. (dt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas