Asosiasi Lumuik Suliki Dibentuk, Kairul Apit Siapkan Pameran

KAIRUL APIT - KETUA ASOSIASI LUMUIK SULIKI

KAIRUL APIT – KETUA ASOSIASI LUMUIK SULIKI

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Ketenaran batu akik lumuik Suliki sudah nyaris mendunia. Ketenaran batu akik ini, tidak lagi melekat di jari tangan saja, saat ini sudah banyak bervariasi. Sampai kalung dan gelang tangan dan mata ikat pinggang. Niat tulus muncul dari para penggerak kemasyarakatan di Kecamatan Suliki dan Kecamatan Gunuang Omeh. Dua kecamatan penghasil batu akik ini, dulunya memang tergabung dengan nama Suliki Gunuang Omeh.

Oleh tokoh muda Suliki-Gunuang Omeh, Kairul Apit yang kini Walinagari Pandam Gadang bersama para pemuda di sana dibantu oleh Muspika serta tokoh masyarakat membentuk Asosiasi Lumuik Suliki. Rapat perdana pembentukan Asosiasi yang berlangsung di Aula Kantor Camat Suliki berlangsung hangat, Jumat (30/1).

Camat Suliki, Harman Dt Rajo Dibodi dan Camat Gunuang Omeh Irwandi SH terlihat bersemangat. Para pemuda dan masyarakat serta pengrajin Lumuik Suliki pun ikut bergembira. Di rapat perdana, pemilihan pengurus Asosiasi Lumuik Suliki ini, berakhir dengan terpilihnya Kairul Apit menjadi Ketua.

“Sekretaris dipercayakan pada Dodi Yanto dan Bendahara Ferry Zulhasdy,” ujar Kairul Apit usai rapat berlangsung.

Di rapat itu, juga diputuskan menggelar kegiatan Pameran dan Lelang Batu Lumuik Suliki pada 19-22 Februari 2015, bertempat di Pasar Suliki. Di saat Pameran dan Lelang Batu ini menjadi momentum pelantikan Asosiasi Lumuik Suliki ini.

Apit, Dodi, dan Fery menjelaskan bahwa, potensi Suliki dan Gunuang Omeh tidak hanya batu lumuik Suliki saja. Dua kecamatan yang berada di kawasan Barat Kabupaten Limapuluh Kota ini memiliki banyak potensi. Mulai dari pertanian, bahan batu akik salah satunya, dengan penduduk yang giat bekerja.

“Kita ingin, seluruh potensi ini terbuka luas. Sehingga masyarakat dan investor berbagai potensi alam, wisata, batu akik, sampai ke kerajinan, ikut berinvestasi di Suliki dan Gunuang Omeh ini,” ujar Kairul Avit yang giat berusaha ini.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*