Asteroid Dengan Nama Sandi 2004 BL86 Mencapai Titik Terdekat Dengan Bumi

Asteroid

Asteroid

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Asteroid dengan nama sandi 2004 BL86 yang sejak pekan lalu diperbincangkan akhirnya akan mencapai titik terdekat dengan Bumi, yaitu di jarak 1,2 juta kilometer, pada Senin (26/1) malam ini sekitar pukul 23:20 WIB atau 11:20 waktu EST.

Jarak tiga kali lipat antara Bumi dan bulan tersebut diyakini sebagai jarak terdekat untuk asteroid dengan Bumi.

Asteroid sebesar dua kali lipat kapal pesiar ini terbilang ditunggu-tunggu oleh para pemerhati astronomi. Dari laporan situs EarthSky, asteroid 2004 BL86 akan memancarkan cahaya terang dan bisa disaksikan melalui teleskop.

“Untuk Indonesia tetap menggunakan teropong untuk melihatnya,” ujar Agustinus Gunawan Admiranto, peneliti fisika matahari bidang Matahari dan Antariksa di Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Cahaya paling terang yang akan dipancarkan asteroid 2004 BL86 diprediksi antara pukul 23:07 sampai 23:52 waktu EST di hari yang sama yaitu 26 Januari ini atau sekitar pukul 11:07 hingga 11:52 WIB pada 27 Januari esok.
Sayangnya, lokasi terbaik untuk melihat asteroid ini adalah di Amerika, Eropa, dan Afrika. Sedangkan kawasan Australia dan Asia bagian Timur nampaknya harus menunggu beberapa jam sebelum asteroid itu memancarkan cahaya paling terangnya.

“Indonesia akan sama seperti Australia, harus menunggu terlebih dahulu untuk bisa menikmati cahaya asteroid,” lanjut Gunawan kepada CNN Indonesia beberapa waktu lalu.

Teropong besar dan kuat dinilai mampu memperlihatkan pergerakan asteroid itu secara lebih baik. Kabarnya, 2004 BL86 akan muncul secara lambat, tidak akan secepat hujan meteor namun lebih cepat dari pergerakan bulan terhadap bintang.

Adapun asteroid lainnya yang diprediksi akan mendekati Bumi dalam waktu dekat, yakni asteroid 1999 AN10 pada 7 Agustus 2027 dalam jarak sekitar 30 ribu kilometer.

Asteroid 2004 BL86 ditemukan pada 30 Januari 2004 oleh seorang ahli astronomi yang sedang beroperasi di Lincoln Near-Earth Asteorid Research (Linear) di White Sands, New Mexico, Amerika Serikat.

Asteroid ini dinyatakan tidak akan timbulkan ancaman tabrakan bagi Bumi karena sifatnya yang hanya melintasi di dekat orbit Bumi.

(adt/eno/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*