Atasi Kemacetan Antri BBM, Satlantas Turunkan Anggota

Salah seorang personil dari Lantas Polres Bukittinggi sedang melakukan pengamanan di sebuah SPBU di Kota Bukittinggi.

Salah seorang personil dari Lantas Polres Bukittinggi sedang melakukan pengamanan di sebuah SPBU di Kota Bukittinggi.

Advertisements

Bukittinggi, PADANGTODAY.COM –Membludaknya warga yang antrian dalam pembelian BBM di setiap SPBU di Kota Bukittinggi,membuat Satlantas Polres Bukittinggi mengerahkan anggotanya di setiap SPBU yang ada di kawasan hukum Polres Bukittinggi. Polisi lalu lintas (polantas) itu ditugaskan untuk mengatur demi kelancaran arus lalu lintas di sekitar SPBU dan sepanjang antrean.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP.M.Sajarod Zakun mengatakan, masing-masing SPBU ditempatkan empat hingga lima personil, yang bertugas mulai dari pagi, siang, sore hingga malam. Bahkan disaat bongkar muat BBM di SPBU, baik sore ataupun malam, personil lantas juga diturunkan.

Menurut M Sajarod Zakun, arus lalu lintas di Kota Bukittinggi sepanjang Rabu (27/8) sempat mengalami kepadatan di dua titik, yakni di kawasan Padang Lua dan Bengkaweh, perbatasan Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi.

Untuk kepadatan di Padang Lua dianggap sudah biasa, karena setiap hari Rabu dan Sabtu merupakan Hari Pasar, sehingga simpul kemacetan dan kepadatan itu selalu terjadi di sekitar Pasar Padang Lua.

Sementara kepadatan di kawasan Bengkaweh disebabkan karena adanya penyempitan jalan di sekitar SPBU Bengkaweh. Dari pagi, pengentre BBM memadati kawasan SPBU Bengkaweh. Para pengantre itu juga memakai badan jalan, sehingga terjadi peyempitan jalan.

“Untuk mengatasi kepadatan itu, kami memberlakukan sistem buka tutup. Kami akan melakukan pengaturan lalu lintas selama terjadinya kepadatan arus, bahkan jika perlu mengalihkan pengendara yang melintas ke jalan alternatif, sehingga bisa meminimalisir adanya kepadatan dan kemacetan,” jelasnya

Meski jalur Padang-Bukittinggi sempat lumpuh total di beberapa titik, seperti di kawasan Sicincin, Kayu Tanam hingga Padangpanjang pada Rabu kemaren (27/8) pagi hingga siang, namun menurut Kasat Lantas, kejadian itu tidak mempengaruhi arus lalu lintas di kawasan hukum Polres Bukittinggi. (doni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*