Babak Awal Pilkada Kota Pariaman Pasangan GM Mendaftar ke KPU

Pasangan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin Resmi Mendaftar ke KPU Kota Pariaman, Senin 08-01-2018

Kota Pariaman, Padang-today.com__Dihari pertama perheletan Pilkada srentak Kota Pariaman telah dibuka oleh KPU Kota Pariaman. Masing-masing Bakal Calon (Balon) telah melihatkan warnanya menghiasi Kota Pariaman.

Babak awal pilkada Kota Pariaman ini telah dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat Kota Pariaman dengan mendeklarasikan diri pasangan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin maju sebagai Balon Wali Kota Pariaman dan Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatra Barat periode 2018-2023.

“ Alhamdullilah hari ini kami resmi menyatakan diri maju sebagai calon kepala daerah dan siap berkompetisi pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018,” kata Pasangan Balon Wali Kota dan Wakil Walikota Genius Umar, di Pariaman, Senin 08-01-2018 saat deklarasi.

Katanya, Ia maju pada Pilkada Kali ini diusung oleh lima partai politik dan satu partai pendukung. Lima partai pengusung yaitu Partai Golong Karya (Gokar), Partai Amanat Nasional (PAN) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara, jelasnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengeluarkan mandat dukungan pada Minggu malam 07-01-2018 kepada pasangan tersbut. Pasangan tersebut mengaku akan meneruskan program pemerintah daerah yang telah berjalan dan di anggap layak untuk diteruskan.

“ Berbagai program pemerintah yang sudah baik dan maju akan diteruskan dan ditingkatkan,” kata dia.

Program pemerintah daerah yang akan dilanjutkan, ujar dia, diantaranya Jaminan Kesehatan, Sabiduak Sadayuang, (JKSS), sector pendidikan gratis tingkat sekolah Dasar dan bus sekolah Dasar dan bus sekolah gratis.

Ia menambahkan, apabila resmi terpilih sebagai kepala daerah pada pemilihan 27 Juni 2018, akan memfokuskan pengembangan sector pariwisata lebih baik lagi.

“ Komitmen kami apabila terpilih akan mengembangkan sector pariwisata Kota Pariaman lebih maksimal lagi,” katanya.

Hal tersebut, terangnya, Kota Pariaman dianggap memiliki sector pariwisata yang cukup berpotensi besar untuk dikembangkan.

Selain itu, pasangan tersebut juga berkomitmen kembali meneruskan upaya pembangunan Mesjid Terapung yang digagas oleh pemerintah Kota Pariaman sejak beberapa tahun terakhir ini.

Panitia Perhelatan Pilkada Serentak Kota Pariaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman menyatakan bakal calon yang maju pada Pilkada Serentak 2018 melalui partai politik wajib memiliki Surat Keputusan Persetujuan Dewan Pimpinan Pusat.

“ Surat tersebut wajib ditandatangani dan stempel basah oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jendral DPP partai disertai matrai Rp 6.000 sebagai syarat mutlak pencalonan di KPU,” kata Koordinator Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Pariaman, Arnaldi Putra.

Syarat mutlak tersebut, lanjutnya, tertuang dalam Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Walikota 2018.

Selain itu, tambahnya, beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh bakal calon diantaranya dukungan 20 persen kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atau 25 persen suara sah partai saat Pemilihan Legislatif 2014. (suger)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*