Babinsa Koramil 07/Tilkam Laksanakan Pendampingan Petani, Siap Tuju Swasembada Pangan

Pendampingan pada petani dilakukan oleh Babinsa Koramil 07/Tilkam.

Pendampingan pada petani dilakukan oleh Babinsa Koramil 07/Tilkam.

Advertisements

Agam, PADANG-TODAY.com-Pendampingan pada petani dilakukan oleh Babinsa Koramil 07/Tilkam. Kodim 0304/Agam Sertu Etmon melaksanakan pendampingan tersebut, berupa penanaman padi bersama kelompok tani di wilayah binaannya di Kecamatan Tilatang Kamang, Rabu (22/06).

Turunnya Babinsa langsung ke sawah sebagai pendamping di wilayah binaanya masing-masing dapat meningkatkan hasil panen. Lebih jauh, pendampingan tersebut dapat memberi motivasi kepada para petani sehingga petani dapat mengolah lahan pertaniannya dengan maksimal dan hasil panen yang diperoleh nantinya dapat meningkat.

Sertu Etmon dalam kegiatan pendampingannya, mengarahkan petani agar penanaman padi dilakukan dengan sistem jajar legowo, yakni dengan memberi jarak antar benih yang ditanam. Cara itu digunakan karena dengan pola tanam sistem jajar legowo ini, terbukti mampu meningkatkan hasil panen padi petani.

Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa dan PPL ini bertujuan untuk mendukung Program Swasembada Pangan Nasional, khususnya di Wilayah Tilatang Kamang yang sudah memasuki musim tanam,  Hal ini disampaikan Sertu Etmon saat mendapingi petani di lokasi persawahan yang akan di tanam tersebut.

Oleh sebab itu, menurutnya, diperlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat mulai dari para petani, kelompok tani, petugas PPL, serta Babinsa. Dikaitkan dengan permasalahan saat ini dengan keterbatasan petugas di lapangan, peran aktif Babinsa dalam melaksanakan pendampingan program Upsus pertanian guna mencapai program swasembada pangan sangat penting.

Dalam hal ini, Sertu Etmon mengungkapkan Koramil Jajaran Kodim 0304/Agam melalui Babinsa selaku petugas kewilayahan yang ada di lapangan akan terus melaksanakan pendampingan dan pemantauan perkembangan pertumbuhan padi mulai dari penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, pemberantasan hama, sampai dengan pelaksanaan panen, sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dalam waktu tiga tahun akan tercapai.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*