Balai Gadang Ciptakan Payakumbuh Bersih

 

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Program Pemko dan DPRD Kota Payakumbuh terhadap kota Payakumbuh bersih, ternyata diindahkan masyarakat. Buktinya, nyaris setiap kelurahan di hari Minggu melakukan kegiatan gotong-royong (Goro).

Hal tersebut dikatakan mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh Sukri Najar.SH dari Partai Demokrat kepada wartawan, disela-sela Goro di kelurahan Balai Gadang, kecamatan Payakumhuh Utara, Minggu (16/11).

Kegiatan Goro bukan saja membersihkan sampah, membersihkan saluran drainase dan sebagainya, akan tetapi merupakan ajang silaturahami antara sesama warga. Dengan Goro jelas meningkatnya hubungan silaturahim, saling kenal dan mengenal sesama tetangga. Terciptanya Goro bertambahnya suatu keakraban.

“Seperti yang dilaksakana warga di keluarahan Balai Gadang, kecamatan Payakumbuh Utara ini, setiap hari Minggu warga setempat selalu mengadakan kegiatan Goro, guna membersihkan saluran yang tersumbat, memangkas pohon yang menjulang tinggi dan sebagainya, “ujar Sukri Najar.

Pantauan koran ini, setiap hari Minggunya, kegiatan Goro tidak hanya dilakukan disatu atau dua dan tiga kelurahan, ternyata nyaris disetiap kelurahan, tergantung kepada kepiawaian RT dan LPMnya masing-masing.

Terlihat di kelurahan Balai Gadang, warga setempat sangat kompak melakukan Goro. Kegiatan Goro di Balai Gadang tidak hanya dilaksanakan kaum bapak-bapak, bahkan dipadati oleh kaum induak-induak, seraya membaya air minum, teh manis, kopi dan makanan ringan lainnya.

Ketua RT setempat, Dharmayanti didampingi ketua LPM Ibrahim Ilyas disela-sela Goro kepada wartawan, Minggu (16/11), mengatakan, kegiatan Goro di Balai Gadang memang rutin dilaksanakan setiap Minggunya.

Goro ini tidak hanya sekedar mengindahkan Program kota Payakumbuh sehat dan bersih akan tetapi merupakan kepedulian masyarakat terhadap K3 (kebersihan, keindahan dan kenyamanan). “Jika tercipta susana bersih, maka lahirlah lingkungan bersih, “ujar Dharmayanti dan Ibrahim Ilyas.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*