Balap Sepeda Janjikan Emas, Sayang Perlengkapan Belum Juga Dibantu Pemko

Ketua Pengkot ISSI Payakumbuh, Yoserizal Teja

Ketua Pengkot ISSI Payakumbuh, Yoserizal Teja

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Cabang Olahraga Balap Sepeda Porprov XIV, Kota Payakumbuh optimis membawa medali, minimal satu medali emas ditambah potensi medali dari kelas-kelas yang dipertandingkan. Ketua Pengkot Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Payakumbuh Yoserizal Teja bersama Bendahara Erwin Fairus, di Payakumbuh Senin (14/11/2016).

Teja menjelaskan, saat ini ada 6 atlet 1 cadangan, dengan 3 ofisial yang akan menohok cabang olahraga Balap Sepeda di ajang Pekan Olahraga Provinsi Sumbar XIV di Padang. Saat ini, atlet balap sepeda; Rio, Sefri, Wahyudi, Nandung, M Arif, Bima, dan Eka (cadangan) terus berlatih. Bahkan ketujuh atlet ini telah kembali dengan catatan waktu terbaiknya di ajang balap sepeda di Pariaman beberapa waktu lalu.

Diakui Teja, bahwa atletnya sedang berkonsentrasi di peningkatan endurance atau ketahanan. Jalur latihan Pariaman lewat sampai Balingka jadi makanan wajib. Ditanyakan soal kendala, Teja masih menyebut dukungan anggaran dan bantuan pemerintah kota yang masih belum maksimal.

“Selaku cabang olahraga yang menjanjikan medali, balap sepeda hari ini bertekad mengulang sukses Porda 1, 2, dan 3. Saat itu, tim Payakumbuh bersama saya, Pak Erwin Fairus dan lainnya memenangkan lomba merebut Emas, Perak, dan Perungg sekaligus. Sejarah ini akan kita ulang di Porprov XIV. Balap sepeda Payakumbuh yakin!” ujar Yoserizal Teja penuh semangat.

Hanya, cabang balap sepeda adalah cabang yang berperalatan. Perlu kaos, sepatu khusus, celana khusus, helm, ban sepeda, dan kelengkapan lainnya yang belum disediakan oleh pemerintah kota. Bagaimanapun, sampai hari ini soal peralatan balap sepeda masih meminjam, mengakali, dan membiayai sendiri. Miris.

“Segera, kami minta langsung ke Walikota. Kami sudah seperti memelas ke Disparpora, tapi tidak juga ditanggapi. Kemana hendak mengadu, ya ke Walikota lagi,” Teja mengumbar niat.

Nomor Laga

Untuk Nomor Road Race akan memperlombakan kelas Individual Road Race (IRR) – 114 km dan Team Road Race (IRR) – 114 km. Untuk nomor ini, panjang rute 114 km dengan start dan finish di Kantor Gubernur Sumatera Barat. Rincian trek sesuai peraturan khusus: Kantor Gubernur Sumbar – Jalan Sudirman – Jalan B. Azischan Jalan M Thamrin – Jalan St Syahrir – Jalan By Pass Lantamal – Pasar Teluk Bayur – Bukit Lampu – Bungus – Sibingkeh – Borong – Borong Barantai – Tarusan – putar balik kembali ke Kantor Gubernur dengan rute yang sama. Di nomor Road Race, juga ada kelas Criterium 50 km di Danau Cimpago, Purus.

Nomor berikutnya, Track akan diselenggarakan di Velodrome Rimbo Data, Padang. Untuk nomor ini akan diselenggarakan
kelas Velodrome 200 m Sprint, Velodrome 1000 m (ITT), Velodrome 4000 m – Individual Pursuit (IP), dan Velodrome Eliminasi. Nomor Mountain Bike (MTB) akan mempertandingkan kelas Cross Country (XC).(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*