Balegda DPRD Bukittinggi Kunker ke DPRD

Anggota Balegda DPRD Kota Bulittinggi Kunker Ke DPRD Kota Payakumbuh.

Anggota Balegda DPRD Kota Bulittinggi Kunker Ke DPRD Kota Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Sebanyak 5 orang ditambah 2 orang pendamping sekretariat DPRD kota Bukittinggi, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Kota Payakumbuh, mereka diterima anggota Balegda DPRD Kota Payakumbuh yang langsung dipimpin wakil ketua DPRD Suparman, Kamis (30/10).

Dalam kunjungan itu, anggota Balegda DPRD Bukittinggi, menanyakan, bagaimana menyusun alat kelengkapan DPRD berupa Balegda dengan baik. Karena, di DPRD Kota Payakumbuh dalam menyusun alat kelengkapan DPRD berupa Balegda bisa tersusun dengan cepat dan rapi.

“Dengan banyak keberhasilan DPRD Kota Payakumbuh inilah kami ingin belajar dan saling menukar informasi. Mudah-mudahan Kunker kami ini dapat memetik hasil yang dapat pula kami terapkan di DPRD Kota Bukittinggi, “ujar juru bicara Ibnu Aziz.

Tidak itu saja yang diharapkan juru bicara anggota Balegda DPRD Kota Bukittinggi Ibnu Aziz dari Fraksi PKS kepada anggota Balegda DPRD Kota Payakumbuh, akan tetapi, juga menanyakan berkaitan program legislatif terhadap 18 Ranperda Kota Payakumbuh.

Wakil ketua DPRD Suparman didampingi ketua Balegda Hendriwanto dan anggota Balegda lainnya, menyebutkan, Balegda dibentuk oleh DPRD dan merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dibentuk dalam rapat paripurna.

Balegda mempunyai tugas menyusun rancangan program legislasi daerah yang membuat daftar urutan dan prioritas rancangan peraturan daerah beserta alasannya untuk setiap tahun anggaran di lingkungan DPRD.

“Sedangkan tugas Balegda mengadakan rapat dengan pimpinan fraksi, komisi dan rapat dengar pendapat umum dengan masyarakat. Mengadakan koordinasi dan konsultasi dengan pihak pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan atau pihak lain yang dianggap perlu mengenai hal yang menyangkut ruang lingkup tugasnya melalui pimpinan DPRD, “ ujar Suparman.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*