Bali Mendapatkan Hadiah Kapal Negara Arjuna 299

Hadiah Kapal Negara Arjuna 299

Hadiah Kapal Negara Arjuna 299

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Bali mendapatkan hadiah Kapal Negara Arjuna 299 yang penyerahannya diterima Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Rabu (18/3) di Pelabuhan Benoa, Bali. Kapal itu diperuntukkan bagi upaya pertolongan di laut.

Sudikerta berharap, kapal tersebut dimanfaatkan dengan baik dan difungsikan nyata dalam melayani segala bentuk pertolongan di Laut.

“Pesan Gubernur agar sekiranya siap menjadi pelayan di laut dalam segala hal,” kata Sudikerta.

Menurut dia, keberadaan Basarnas sangat penting bagi keamanan dan pertolongan bagi penyelamatan musibah, yang memiliki makna strategis bagi jaminan wisatawan saat mengalami kecelakaan atau musibah.

“Harapan saya keberadaan Basarnas bukan hanya untuk melaksanakan tugas-tugas penanganan musibah masyarakat lokal saja. Tetapi juga berfungsi lebih strategis secara internasional,” pintanya.

Kapal yang diserahkan kepada Basarnas Provinsi Bali yaitu KN Arjuna 229 memiliki panjang 40 meter, lebar 7,8 meter, tinggi geladak 3,6 meter dan tinggi sarat 1,8 meter. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 30 knots.

Sementara Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo dalam sambutannya mengatakan basarnas harus memiliki komitmen dalam melaksanakan tugas untuk kepentingan bersama. Khususnya menyelamatkan jiwa manusia karena nyawa tidak dapat digantikan dengan materi atau uang.

“Dengan adanya kapal ini, kita harus siap dalam segala hal dan tentunya mulai berlatih untuk meningkatkan kualitas kita dan SDM kita dalam hal penanganan pemberian pertolongan di laut lepas,” kata Bambang.

(bal/**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*