Balita Harus Diimunisasi DPT

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Nuryanuar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Nuryanuar.

Advertisements

PADANGPANJANG,PADANGTODAY.COM- Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang mengimbau masyarakat yang memiliki anak Balita agar datang ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi Difteri Pertusis dan Tetanus (DPT).

“Bagi warga yang memiliki bayi supaya membawa anaknya ke Posyandu untuk berimunisasi DPT sebagai tindakan preventif dari berbagai penyakit termasuk difteri,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Nuryanuar.

Himbauan tersebut, juga mengingat penyakit Difteri itu sudah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Sumbar.

“Kami tidak ingin masyarakat Padangpanjang menjadi korban dari penyakit yang mematikan itu,” sebutnya.

Dalam imunisasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya itu juga memberikan obat DPT, sehingga bisa memberikan benteng terhadap kesehatan anak terutama dari Difteri tersebut. Penyakit Difteri itu kata dia, adalah berupa pembengkakan di leher bagian dalam yang mengakibatkan susah bernafas.

“Kalau sudah leher yang sakit, makanan apapun juga susah untuk kita telan, sehingga manusia penderita menjadi kurang asupan makanan untuk kalori,” katanya.

Selama ini sebut Nuryanuwar, Difteri tersebut belum ada berjangkit di Padangpanjang. “Meski belum ada, namun kita harus melakukan tindakan prefentif sejak dini,” ujarnya.
Nuryanuar berharap penyakit Difteri yang mematikan tersebut tidak berjangkit di bumi “Serambi Mekah” itu. “Dengan adanya imunisasi DPT itu, mudah-mudahan bisa memberikan prefentif dari berbagai jenis penyakit, termasuk Difteri itu,” ungkapnya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*