Bamus Nagari Batu Kalang Tetapkan Calon Walinagari

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Badan Musyawarah (BAMUS) Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman telah tetapkan calon walinagarinya periode 2015-2021, sebanyak 5 orang dari 7 orang yang mendaftar.

Advertisements

Ketua Bamus Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago Amiruddin Majolelo mengatakan,  penetapan calon Walinagari  Batu Kalang tersebut dilaksanakan Minggu (18/1/2015) lalu dalam sidang paripurna bamus yang dihadiri seluruh anggota bamus (enam orang) dari 7 orang anggota bamus. Seorang anggota Bamus Asrizal, karena ikut menjadi calon, menyatakan non aktif.

Katanya, penetapan calon Walinagari  telah diatur di dalam Perda 05/2009, pasal 35 ayat 6 yang berbunyi, apabila calon yang diusulkan oleh panitia berjumlah lebih dari lima orang. Bamus nagari berhak untuk melakukan seleksi terhadap calon sampai terpilih 5 orang,” katanya.

Dituturkan Amiruddin, di dalam penetapan calon tersebut, bamus, disamping mempedomani perda juga berpedoman kepada Peraturan Nagari  Batu Kalang, nomor 01/2015 tentang tata cara Pemilihan Wali Nagari Batu Kalang periode 2015-2021.

Pasal 8 ayat 4 dan ayat 5, dijelaskan penetapan atau penentuan calon yang berhak dipilih dilaksanakan dalam rapat paripurna bamus nagari. Bakal calon yang dipilih sebagaimana dimaksud pada ayat 4 ditetapkan dengan keputusan bamus nagari dengan jumlah calon sekurang-kurangnya 2 orang dan sebanyak-banyaknya 5  orang. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*