Bangkitkan Nilai-Nilai Kebangsaan, Kesbangpol Gelar Bimtek Bela Negara

Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Limapuluh Kota, selama dua hari 22-23 April 2015 menghelat Bimbingan Teknis atau Pembekalan Bela Negara bagi siswa SLTA. Kepala Bidang Ideologi dan Wasbang, Irwansyah SH melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar para 120 siswa yang mewakili seluruh siswa lainnya itu, dapat kembali mengenal hari-hari bersejarah di Limapuluh Kota. Lewat itu, para siswa ini dapat menularkannya kepada masyarakat di lingkungannya.

”Lalu, kita laksanakan kegiatan ini agar diingat kembali nilai-nilai kejuangan, kepahlawanan, dan kebangsaan, serta adanya komitmen moral yang tinggi untuk jadi bangsa yang merdeka. Serta, kita tanamkan dan bangkitkan semangat kebangsaan di kalangan masyarakat demi mendorong terwujudnya kehidupan mendorong percepatan tercapainya tujuan, cita-cita nasional dan suasana keutuhan bangsa,” demikian diterangkan Irwansyah SH di Aula Snakma Padang Mangatas, tempat dilangsungkannya kegiatan ini.

Selain siswa, juga terlibat sebagai peserta aktif, para guru PPKn dan guru Sejarah SLTA dan SLTP se-Limapuluh Kota. Narasumber; pihak Kesbangpol, Bupati dan Yayasan Bela Negara, N Ben Yuza. Materi PDRI penyelamat NKRI, Kebijakan Pemda dalam mengenang PDRI sebagai Har bela Negara, dan PDRI sebagai Hari Bela Negara.

Bupati Alis Marajo dibacakan sambutannya oleh Kepala Badan Kesbangpol Elfi Rahmi SSos mengatakan Bela Negara merupakan program dan komitmen nasional yang telah digariskan secara konstitusional dan dijabarkan dalam kebijakan-kebijakan teknis, sebagai upaya peningkatan derajat kesadaran bela negara bagi seluruh warna negara Indonesia.

Bupati berharap kegiatan ini dapat menggugah kekuatan mental dan fisik, khususnya generasi muda. Dalam kepribadian bangsa, yang mampu menjamin keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*