Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga di Kasai Batang Anai

Warga yang tinggal di perumahan kasai permai, di evakuasi ketempat lain

Padangpariaman, Padang-today.com__Ratusan rumah warga di Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman, (Sumbar) terendam banjir, Senin 21 Agustus 2017.
Hujan deras yang mengguyur sejak Senin dinihari hingga siang mengakibatkan sungai meluap setingggi 1,5 meter. Sebanyak 500 Kepala Keluarga (KK), sekolah dan masjid terendam di daerah tersebut.

Selain merendam rumah warga, juga melumpuhkam aktivitas belajar di SMA Negeri 2 Batang Anai. Akibat ruang kelas terendam cukup tinggi, membuat pelajar dievakuasi keluar komplek perumahan.

Sebut saja Darleni (37) saalah seorang warga komplek perumahan Kasai mengatakan, air mulai naik sekitar pukul 11.00 setelah hujan berlangsung satu selama satu jam sejak pukul 08.00 WIB pagi.

“Hujan satu jam saja di daerah ini, air bah sudah mulai merendam rumah warga, karena drenase tidak mampu menampung volume air,” kata dia.

Menurutnya, banjir di komplek itu seringkali terjadi, disebabkan tidak seibambang luas lahan dengan saluran pembuangan air yang ada di perumahan tersebut.

Amiruddin mengatakan, meluapnya sungai batang anai tersebut akibat hujan deras semenjak malam. Ratusan KK yang tinggal di Perumahan Kasang itu terendam hampir sedalam pinggang orang dewasa.

Sungai Meluap Menggenangi Rumah Warga Kasai Batang Anai Setinggi 1,5 meter

“Luapan sungai ini terjadi cepat dan merendam rumah warga. Banjir ini terjadi karena air bah dari Bukik Tang Bilau turun dan masuk ke perumahan,” kata Kepala BPBD Padangpariaman, Amiruddin, Senin 21-08-2017.

Saat ini, jelas Amiruddin, warga di Korong Kasai tersebut sedang dievakuasi oleh petugas gabungan Tim SAR dan BPBD serta warga setempat ke tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi luapan sungai yang lebih parah. Banjir yang terjadi saat ini telah menjadi langganan setiap tahunnya di daerah tersbeut.

” Warga yang berada di daerah aliran sungai ini, ketika diguyur hujan selama dua jam saja, maka sungai di Batang Anai meluap dan merendam perumahan warga sekitar, untuk itu perlu kita lakukan evakuasi bagi warga tersebut,” kata dia..

Menurutnya, untuk mengatasi terjadinya banjir yang lebih parah lagi, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman telah melakukan pengerjaan untuk mengeruk sungai dan memperluas sungai pada anggaran APBD 2017. (sgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*