Banjir Sungai Limau, Operasi Pasar Terganggu

Padang-today.com__Banjir bandang menerjang pasar tradisional Sungai Limau, Kenagarian Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumbar, Selasa 11-06-2019 sekitar pukul 15.00 WIB, mengakibatkan penhuni kios di pasar itu terendam.

Akibat genangan air setinggi lutut orang dewasa tersebut operasi pasar terganggu. Hingga pukul 17.30 WIB genangan air sudah surut, dan pedagang di pasar itu sudah dapat menyelamatkan barang dagangannya dari genangan air tersebut.

“ Hari ini 11-06-2019, sekitar pukul 15.00 WIB naiknya air ke kios-kios pedagang di pasar tradisional Sungai Limau. Beberapa bulan lalu banjir seperti ini juga pernah melanda pasar, namun kali ini sangat luar biasa. Sehingga para pedagang untuk menyelamatkan barang daganganya serta bersih-bersih dapat dilakukan esok pagi,” kata Prizesman selaku penghuni di pasar itu.

Untuk hari ini, kata dia, air merendam pasar tersebut sudah surut sekitar pukul 17.30 WIB. Beberapa pedagang di pasar itu sudah dapat menyelamatkan daganganya dari genangan air.

Syiat (45) pedagang di pasar tersebut dengan hal senada mengatakan dirinya masih menutup kedaianya. Menurutnya, daya beli berkurang karena daerah itu masih diguyur hujan.

Namun sejumlah pedagang lainya mulai membersihkan kiosnya dengan memanfaatkan air sisa luapan air Batang Kuranji Sungai Limau.

Selain merendam pasar, luapan air juga merendam sebuah masjid yang berada di dekat pasar.

Sementara pantauan www.padang-today.com, kedalaman air di sekitar kawasan aliran sungai tersebut hampir mencapai 1 meter, hingga mengakibatkan 220 kios, 40 rumah warga belakang pasar dan 1 rumah ibadah Masjid Raya dan 2 Mushola, serta Puskesamas di daerah itu ikut terendam.

Ditempat terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, mencatat seorang warga meninggal dunia dan dua lainya mengalami luka-luka akibat longsor yang menerjang sebuah rumah di Nagari Batu Gadang, Kuranji Hulu. Kecamatan Sungai Geringging. Hingga saat ini material longsor sudah dapat dibersihkan warga setempat.

“ Bencana tersebut akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur Padang Pariaman,” kata Sekretaris BPBD Padang Pariaman Yasrum Ajis, Selasa (11/06).

Katanya, longsor di Nagari Batu Gadang, Sungai Geringging menimpa sebuah rumah yang menyebabkan korban jiwa satu orang dan dua orang luka-luka, dan korban telah dibawa ke Puskesmas setempat.

Selain longsor, banjir bandang menerjang kawasan daerah Paingan, Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau akibat jebolnya tanggul batang Paingan.

“ Akibat banjir tersebut, sejumlah warga kami evakuasi,” kata dia.

Banjir juga menerjang Pasar Tradisional Sungai Limau akibat meluapnya Batang Kuranji Sungai Limau, sehingga melumpuhkan transaksi jual beli di pasar itu. Selain itu, juga membuat arus lalu lintas Padang – Lubuk Basung macet. (Herry Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas