Bank Nagari-PDAM Lounching E-Peyment, Manjakan Pelanggan, Minimalisir Tunggakkan

Wako Padangpanjang menunjukan bukti pembayaran tagihan PDAM.

Wako Padangpanjang menunjukan bukti pembayaran tagihan PDAM.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.COM -Upaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bekerja sama dengan Bank Nagari di Padangpanjang terapkan pembayaran rekening tagihan system online. Program Elektronik Peyment (E-Peyment) ini telah diefektifkan sejak 1 Oktober dan di-lounching secara resmi oleh Walikota Padangpanjang, Rabu (8/10).

Direktur PDAM Kota Padangpanjang, Desyusbar mengungkapkan, program kerja sama dengan Bank Nagari tersebut merupakan bentuk peningkatan layanan terhadap pelanggan. Selain itu, PDAM juga bertujuan untuk meminimalisir tunggakan oleh pelanggan atas keterlambatan pembayaran yang dikenakan sangsi denda.

“Di satu sisi memanjakan pelanggan dan meminimalisir tunggakkan, program ini secara prinsip “merugikan” PDAM. Dimana jika tunggakkan tidak ada, maka denda yang menjadi tambahan pendapatan perbulan PDAM mencapai angka Rp100 juta, akan hilang. Tapi demi kebaikan pelanggan dan tertip administrasi perusahaan, PDAM harus ikhlas,” tutur Desyusbar.

Kapala Bank Nagari Cabang Kota Padangpanjang, Jejeng Sumardi menyebutkan kerja sama yang diluncurkan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan terhadap pelanggan PDAM kota berhawa sejuk itu. Kemudahan secara langsung dapat dirasakan oleh pelanggan PDAM, yakni pembayaran tagihan dapat dilakukan disetiap unit Bank Nagari di mana pun.

“Pembayaran yang selama ini hanya dapat dilakukan di kantor PDAM saja, sekarang bisa melalui unit Bank Nagari di seluruh kota di Indonesia dengan menunjukkan nomor pelanggan. Terutama untuk kalangan pelanggan yang berstatus PNS, tidak lagi dipusingkan harus meninggalkan kantor saat jadwal pembayaran rekening PDAM sudah jatuh tempo,” tutur Sumardi di ruangan kerjanya, Kamis (9/10).

Sebagai perbankan daerah, Bank Nagari melalui program ini juga “mefasilitasi” peran serta masyarakat dalam peningkatan pembangunan daerah. Karena dengan menjadi nasabah Bank Nagari, secara tidak langsung telah turut membesarkan perbankan daerah yang berperan terhadap peningkatan pembangunan daerah setempat.

“Karena itu, Bank Nagari mengajak pelanggan PDAM untuk membuka rekening di bank ini. Selain dapat menikmati kemudahan pembayaran rekening PDAM, juga keturutsertaan dalam mendorong pembangunan daerah,” ujarnya.

Pasca peluncuran program yang dihadiri Direktur Pemasaran Bank Nagari Indra Wediayan itu, Sumardi juga menyebut akan mengembangkan layanan pembayaran online tagihan PDAM tersebut dengan system ATM. “Kedepan akan dikembangkan menggunakan system ATM. Tidak harus di Bank Nagari atau PDAM, pembayaran dapat dilakukan melalui ATM bersama,” sebutnya.

Selain lounching pembayaran tagihan PDAM secara online, Bank Nagari Cabang Padangpanjang pada kesempatan yang juga menyerahkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp87.500.000 dalam bentuk program bea siswa terhadap peserta didik dari keluarga kurang mampu.
“Dana CSR tersebut kita serahkan kepada Dinas Pendidikan untuk disalurkan kepada penerima yang memenuhi kriteria sesuai ketentuan. Selain bea siswa, Bank Nagari juga memiliki CSR yang bersentuhan dengan kebutuhan social. Seperti bantuan korban bencana alam dan bedah rumah, serta lainnya,” pungkas Sumardi. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*