Suhatri Bur Serahkan Setifikat Tanah dan Bantuan Untuk Nelayan

Suhatri Bur Serahkan Bantuan Nelayan dan Bantuan Sertifikat Tanah

Sungai Limau, Padang-today.com__Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur menyerahkan sertifikat tanah sekaligus bantuan alat tangkap dan pengolahan ikAn kepada masyarakat Pasir Baru Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau, Kamis 13-07-2017.

“ Alhamdulillah penyerahan sertifikat tanah sekaligus bantuan alat tangkap ikan bagi nelayan dapat terwujud, dan pada hari ini jadwal kegiatan cukup padat dan bersamaan waktunya. Namun dengan membagi waktu yang terjadwal satu hari ini dapat terlaksana semuannya,” kata Suhatri Bur.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Wabup Suhatri Bur di aula lelang ikan PPI Pilubang setelah menghadiri Rapat Koordinasi Gabungan Kerjasama Pengembangan Padi dan Jagung dengan TNI AD Wilayah Barat di Kota Padang dan menyambut 200 pelancong asal Malaysia di BIM pagi dan siang harinya.

Sebelumnya Wabup Suhatri Bur berpesan kepada Kadis Perikanan supaya acara dilanjutkan oleh dia karena perkiraan Wabup tidak keburu sampai di Pilubang mengingat dia di Padang dan berikutnya ke BIM.

Wabup juga mengatakan bahwa bapak Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sedang berada di luar daerah dalam rangka mencari peluang anggaran untuk pembangunan Padang Pariaman.

Namun masyarakat bersedia untuk menunggu kehadiran Wakil Bupati Padang Pariaman. Undangan jam satu siang, dimulai jam 03.30 wib tetapi masyarakat ttidak beranjak pada tempat duduknya Warga penerima bantuan tetap bertahan dan semangat mengikuti prosesi acara.

Suhatri Bur, dalam sambutannya mengatakan, kepada nelayan yang menerima bantuan, supaya bersyukur kepada Allah SWT, karena dengan bersyukur ada harapan akan dapat tambahan setelah ini.

“Janji Allah, siapa orang yang pandai bersyukur atas nikmat-Ku, akan ditambah dan siapa yang tidak pandai bersyukur, ingatlah azab-Ku lebih dahsyat,” ujar Suhatri Bur.

Dikatakan, bagi yang menerima bantuan diharapkan dapat memicu untuk bergiat berusaha meningkatkan ekonomi keluarga yang selama ini tidak pakai alat, kini telah ada alatnya.

“Ayo mari kita bangkitkan usaha ekonomi masyarakat nelayan, sehingga mereka bisa hidup sejahtera dan bahagia dengan keluarganya,” tutur Suhatri Bur.

Lebih jauh disampaikan, perlu untuk diketahui masyarakat yang menerima bantuan, bahwa sumber dana bantuan ini bersumber dari aspirasi anggota DPRD Padang Pariaman, Dwi Warman Chaniago dan almarhum, Zuardin Tanjung.

Adapun Kelompok Wanita Pengelola hasil tangkap ikan yang menerima bantuan tersebut, Kelompok Sinar Laut, Pasir Baru yang diketuai Meli. Kemudian Wanita Sepakat, juga dari Pasir Baru dengan Ketua Patrisna. Selanjutnya, Wanita Saiyo, Ketua Eni Sulastri dan Aulia Ketuanya Wati, dari Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir.

Turut hadir Kadis Perikanan Padang Pariaman Alfian, Kabag Humas dan Protokol Andri Satria Masri, Kepala ATR/BPN Padang Pariaman, Camat Sungai Limau Defriatos, Sekretaris Kecamatan Aungai Limau Anton Wira Tanjung, Sekretaris Nagari Pilubang Anton dan Ketua Keratan Adat Nagari (KAN) Nagari Pilubang Ramadi Ganto Suaro.

Adapun sertifikat dan bantuan yang diserahkan adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan (SeHAT) sebanyak 96 persil untuk nelayan dan 10 persil untuk pembudidaya.
  2. Bantuan Mesin Tempel untuk 7 orang penerima yang terdiri dari 15 PK sebanyak 6 unit dan 5 PK sebanyak 1 unit.
  3. Bantuan Sarana Alat Tangkap (jaring monofilamen) 14 paket untuk 14 orang penerima.
  4. Bantuan Sarana dan Prasarana Pengolahan dan Pemasaran Ikan 4 paket (4 kelompok) yang terdiri dari Pengolahan Ikan Budu, Pengolahan Kerupuk Ikan, Pengolahan Bakso Ikan, Rakik, Sala Lauak, Nuget dan Ikan Kering. (sgr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*