Banyak Konsumsi Makanan Pedas Dapat Melawan Kanker

makanan-pedasPADANGTODAY.com – Makanan pedas memang dapat meningkatkan nafsu makan. Kecuali enak juga mengandung vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu penurunan berat badan.

Suka Makanan Pedas? Ada baiknya konsumsi cabai secara teratur agar mendapat beberapa manfaat hebat ini.

1. Kontrol berat badan
Menurut beberapa penelitian, cabai banyak mengandung senyawa capcaisin yang memberikan efek thermogenic dan dengan demikian membuat tubuh dapat membakar kalori lebih banyak setelah Anda mengonsumsinya. Disamping mengonsumsi makanan pedas, seimbangkan juga dengan konsumsi banyak buah-buahan dan sayur yang tinggi serat.

2. Legakan pernafasan
Makanan pedas dapat membantu melancarkan hidung yang tersumbat dan meringankan saluran hidung yang tersumbat. Hal ini dikarenakan rasa pedas dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga efektif memerangi demam dan gejala flu. Cabai dan paprika dapat membantu meringankan masalah pernapasan seperti bronkitis kronis dan asma sekaligus bertindak sebagai ekspektoran.

3. Melawan kanker
Hidangan seperti kari memang banyak menggunakan rempah dan juga memiliki rasa pedas. Kari mengandung curcumin yang bertindak sebagai pigmen yang memiliki antioksidan dan juga anti kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini sangat efektif mencegah kanker prostat.

4. Jantung sehat
Capcaisin merupakan bahan aktif yang ditemukan di jalapenos yaitu sejenis cabai rawit dan cabai merah yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh American Chemical Society, capcaisin membantu mengurangi akumulasi kolesterol dalam tubuh. Selain itu, capcaisin dapat memblok gen yang mempersempit arteri sehingga meningkatkan aliran darah dalam pembuluh.

5. Nilai gizi
Penambahan cabai segar untuk makanan Anda dapat membantu mencapai asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin dan mineral. Menurut USDA National Nutrient Database, paprika merah dan hijau memiliki mineral esensial dan tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C dapat mengurangi durasi gejala flu dan membantu mencegah penyakit kanker dan jantung.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas