Batu Akik dan Tamasya ke Kampuang Lumuik Suliki

Kedai Kampuang Lumuik Suliki di Kurai Suliki

Kedai Kampuang Lumuik Suliki di Kurai Suliki

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Ya, batu akik sudah menjadi bagian hidup kita semakin dalam. Tiada hari tanpa mengurus batu akik. Nah, kalau batu akik sekaligus alasan untuk berwisata ke kampung asli batu akik Lumuik Suliki, barangkali di sini tempatnya.

”Kampuang Lumuik Suliki, selain kedai batu akik lengkap dengan alat asah batu juga tenaga pengrajin, bahan-bahan berkualitas, serta batu olahan asli Lumuik Suliki terbaik,” kata Ferry Zulhasdi, si pemilik kedai.

Lokasi Kampuang Lumuik Suliki ternyata sangat strategis. Tepat di dekat panorama Suliki yang terkenal itu. Pemandangannya luar biasa, melihat lurah atau lembah selebar-lebarnya diiringi pegunungan yang hijau. Sekali ke tempat tamasya alam panorama Suliki, Anda tak akan lupa dan selalu rindu ke sana.

Banyak kendaraan dari arah Riau pun datang ke Suliki, jika akhir pekan menjelang. Hampir seluruh jalur jalan di Suliki di kiri dan kanannya mudah ditemui pengrajin dan penjual batu akik Lumuik Suliki. Untuk kecamatan Suliki, kedai Kampuang Lumuik Suliki ini menjadi lokasi teranyar.

Koleksi batu akik Lumuik Suliki hijau, merah, putih, serta beragam jenis batu akik Lumuik Suliki asli lainnya memenuhi etalase Ferry Zulhasdi. Giok Suliki Putih, Giok Suliki Kuning, Giok Suliki Hijau, Giok Suliki Merah, Giok Suliki Hitam, Giok Suliki Ungu, Giok Suliki Anggur, Giok Suliki Logam, Giok Suliki Suto, Pancar Lumuik, Cimpago Lumuik, Lumut Teratai, Lumut Terawang, Lumuik Abuak, Lumuik Kumbang Jonti, dan terakhir Lumuik Pandan.

Berwisata kuliner pun mantap di Kurai Suliki ini. Sate, kedai, dan makanan berat dan ringan tersedia di Kurai Suliki ini. Di panorama, sudah ada kedai penganan yang melepas lelah dan lapar serta haus pengunjung di Kurai Suliki. Khusus Kurai Suliki, pun banyak penjual dan kedai batu yang bertebaran di kawasan ini. maka berwisata dan berbelanjabatulah ke Kurai Suliki.(Dodi Syahputra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*