Bawaslu Bersinergi Dengan Pewarta

Padang-today.com___Bawaslu Kota Pariaman, Sumbar, jalin silaturrahmi dengan pewarta pariaman. Hal ini dibuktikan dengan dijambanginya kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Piaman di Kelurahan Pondok Duo Kampung Balacan Pariaman, Jumat siang (18/01).

“Kunjungan kita ini terkait dalam pelakasanaan pemilu dan untuk mejalin silaturrahmi bersama media, ” kata ketua Badan Pengawas Pemilu Riswa.

Katanya, setelah Bawaslu berstatus sebagai lembaga pengawas definitif belum sempat terwujud untuk bersilaturrahmi bersama kawan-kawan media di PWI.

Menurutnya, menjelang seratus hari Pilpres dan Pileg serentak yang akan digelar pada Aprli nanti, hendaknya tercipta suatu mitra kerja yang bersinergi dalam pelaksanaan pileg dan pilpres dengan para awak media.

Ia berharap untuk dapat bersinergi antara media dengan pihaknya, agar dapat terciptanya informasi kepada peserta pemilu maupun pemilih.

“karena melalui medialah dapat dilaporkan. segala informasi tentang Kepemiluan betul-betul dapat tersampaikan kemasyarakat,” kata dia.

Selian itu, meskipun Bawaslu sebagai lembaga pengawas, akan tetapi media juga dapat berfungsi mengawasi kinerja Bawaslu.

“Jika dalam pantauan masyarakat atau media ada petugas kita yang melakukan penyimpangan dalam bekerja tolong dilaporkan karena badan pengawas atau lembaga penyelenggara Pemilu hanya dapat dipercaya jika masih memiliki integritas dan netralitas, jika kalau sudah rusak tidak ada lagi fungsinya,” jelasnya.

Hingga saat ini belum ada laporan terkait adanya pelanggaran yang dilakukan oleh KPU maupun Bawaslu sendiri.

Ia juga berharap kepada media dalam menyampaikan informasi agar memperhatikan keseimbangan pemberitaan, yang menyejukkan dan mengedukasi masyarakat

“Janganlah ada informasi yang memancing suasa kisruh dan memprofokasi masyarakat dan inilah yang sangat kita perlukan menjelang Pemilu 3 bulan kedepan,” tandasnya menghakiri.

Sementara itu ketua PWI Pariaman Ahmad Damanhuri sangat mengapresiasi atas kunjungan yang dilakukan pihak Bawaslu Kota Pariaman.

“Dengan berkunjungnya Bawaslu Kota Pariaman ke Kantor PWI ini, merupakan suatu kehormatan bagi kita selaku insan media,” kata dia.

Menurutnya, komunikasi pihak Bawaslu dan Wartawan yang tergabung dalam PWI Piaman akan semakin intensif sehingga aka memambah kekokohan Bawaslu sebagai lemabaga pengawas pemilu yang independen.

“kita harapkan antara Bawaslu dan jajarannya semakin memberikan ruang pada wartawan PWI untuk mempublish segala bentuk kegiatan sosialisasi dan pengawasan yang dilakukan oleh jajarannya dan kedepannya silaturrahmi ini harus diadakan lagi,” tandasnya menghakiri.

Kunjungan Lembaga Pengawas Pemilu itu disambut langsung oleh Ketua PWI Ahmad Damanhuri, MPP Ikhlas Bakri dan jajaran pengurus beserta awak media yang tergabung dalam keluarga besar PWI Piaman.

Dari Bawaslu juga hadir Ketua Riswan, Kordif Penindakan Elmahmudi dan Kordif Pencegahan Ulil Amri didampingi Kep. Sekretariat Riki Valentino dan staf. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas