Bawaslu Imbau Kampus Tidak Adakan Kampanye

    Padang-today.com – Bawaslu Kota Padang menghimbau pihak kampus UIN untuk tidak ada aktivitas kampanye di lingkungan kampus.

“Tidak ada larangan, hanya menghimbau pada pihak kampus UIN untuk tidak ada kampanye dalam ada kuliah umum,”kata Divisi Pengawasan Bawaslu Padang, Bahrul Anwar di Padang.

Ia menjelaskan, Panwaslu telah mengirimkan surat himbau pada pihak kampus untuk tidak ada kampanye saat kuliah umum diagendakan.

    Badan Pengawas Pemilu Sumatera Barat nomor 024/K.Bawaslu.SB-14/PM.02.00/II2019 yang diterima Kampus UIN. Surat itu, berisi imbauan agar tidak menggunakan sarana pendidikan sebagai tempat kampanye.

    “Dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dengan tegas dinyatakan larangan menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan sebagai lokasi kampanye,”pungkas dia.

Kalau Ma’ruf Amin ke Kampus UIN hanya untuk kuliah umum silahkan saja, namun jangan ada kampanye di saat ini.

“Kunjungan Ma’ruf Amin yang dijadwalkan Jumat (8/2) akan mengisi kuliah umum di UIN Imam Bonjol Padang. Pihaknya tidak melarang kegiatan tersebut hanya mengingatkan kalau kampanye dilarang di lembaga pendidikan dan bisa diancam pidana,”tegas Bahrul.

     Sementara itu Mirwan Pulungan Sekretaris Panitia Kunjungan Ma’ruf Amin menampik Ma’ruf Amin datang ke Sumbar untuk melakukan kampanye.

“Secara keseluruhan tidak ada Pak Ma’ruf berkampanye di Sumbar, hanya melakukan ziarah Islam dan bertemu tokoh Islam, serta bedah buku,”katanya.

     Ia menjelaskan, agenda kunjungan pak Ma’ruf Amin di Padang semula dijadwalkan kuliah umum di Kampus UIN dibatalkan.

“Kuliah umum semula dilaksanakan di kampus UIN Padang terpaksa di pindahkan ke salah satu hotel di Padang, acara diganti dengan bedah buku,”ujarnya.

Setelah bedah buku di Padang, lanjut Mirwan Pulungan, Bapak Ma’ruf Amin rencananya akan berkunjung ke Lubuk Alung, Padangpariaman, bertemu dan bersilaturahim dengan jemaah. (dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas