Bawaslu Kabupaten/Kota Diminta Tingkatkan Pengawasan

    Padang-today.com – Bawaslu kabupaten kota di Sumbar diminta untuk memperketat pengawasan dengan melakukan patroli guna antisipasi kecurangan menjelang pencoblosan pada 17 April 2019.

“Memaksimalkan diri untuk mengawasi pemilu serentak 2019 menjelang pencoblosan,”kata Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin di Payakumbuh.

Ia menjelaskan, potensi dugaan kecurangan menjelang pencoblosan, apalagi memasuki masa tenang sangat rawan.

    “Bawaslu melakukan upaya serius guna menghadapi setiap tahapan Pemilu, termasuk menyiapkan pengawasan masa tenang, hari pungut hitung dan rekapitulasi, penanganan pelanggaran dan potensi konflik,”pungkas dia.

    Bawaslu Sumbar nantinya pada 14-16 April 2019 juga melakukan patroli pengawasan. “Menurun tim ke kabupaten kota di Sumbar melakukan pengawasan dengan melakukan patroli,”pungkas Karnalis.

    Ia menyatakan, Bawaslu siap melakukan pengawasan pemilu yang baik dan benar sehingga tercipta pemilu yang demokratis, bermartabat, dan berkualitas sesuai dengan Visi Badan Pengawas Pemilu.

   “Pihaknya berkomitmen menjalankan tugas kepengawasan sesuai aturan, tanpa ada intervensi dari pihak manapun, baik dari partai politik, calon ditiap unsur pemilihan maupun peserta pemilihan umum,”kata dia.

    Sebagai pengawa, harus selalu ingin tahu apa yang terjadi di sekeliling kita, upaya mempengaruhi pemilih oleh peserta pemilu dengan iming-iming uang dalam jumlah yang cukup banyak, kemungkinan muncul dan hal itu harus bisa dideteksi oleh pengawas.

     “Mari kita awasi dengan serius, lakukan patroli pengawasan dengan baik, pemilu di Provinsi Sumbar harus berjalan dengan jujur dan adil,”imbuh Karnalis Kamaruddin.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas