Bawaslu: KPU Diminta Tindaklajuti Terkait Caleg Pidana Pemilu

 

     Padang-today.com – Bawaslu Kota Bukittinggi telah memberikan surat pada KPU terkait caleg PKS terpidana kasus pidana pemilu. Caleg itu dijatuhi vonis tujuh bulan penjara oleh majelis hakim.

Pihaknya pada Selasa (25/2) telah mengirimkan surat serta menyampaikan hasil putusan pengadilan Negeri ke KPU terkait Mirawati Nurmatias caleg PKS terpidana kasus pidana pemilu,”kata Ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzy  Haryadi ketika dihubungi.

    Ia menjelaskan, surat yang diberikan tersebut sudah sama dengan rekomendasi Bawaslu.

“Pihaknya meminta KPU Bukittinggi untuk segera menindaklajuti surat telah diberikan. Sesuai uu nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pemilihan Umum pasal 285 huruf a dan huruf b,”pungkas dia.

     Ia menyatakan, pelanggaran pidana dilakukan caleg PKS yakni menggunakan fasilitas negara dalam kampanye dan unsur pemberian jilbab,kartu nama dan kalender.

“Caleg tersebut melakukan ketika kegiatan Hari Jadi Kota Bukittinggi dan saat Peringatan Hari Ibu dilapangan kantin. Lapangan kantin sudah ada larangan untuk kampanye,”kata dia.

Sementara itu Tempat terpisah, Benny Azis Ketua KPU Bukittinggi menyatakan, KPU sudah menerima surat dari Bawaslu terkait caleg PKS dijatuhi vonis tujuh bulan penjara tersangkut kasus pidana pemilu.

“Surat telah diterima pada Selasa (25/2) sekitar pukul 18.20 WIB, KPU tentunya mempelajari surat dari Bawaslu tersebut,”kata dia.

    KPU tentukan akan melakukan rapat pleno untuk memutuskan terhadap caleg PKS tersebut. “Pihaknya tidak mau gegabah dalam mengambil setiap putusan, tentunya melalui mekanisme yakni melakukan rapat pleno,”jelas Benny Azis.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas