Bayi Berumur Satu Hari Ditelantarkan Disamping Rumah Warga

Bayi .

Advertisements

TanahDatar, PADANGTODAY.com-Warga Jorong Balimbing, Nagari Balimbing, Kecamatan Rambatan, Tanah Datar, dihebohkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki di tepi jalan raya Ombilin, Selasa (6/1) sekira pukul 19.00 WIB.
Berdasarkan Pantauan Padangtoday.com dilapangan, bayi itu diduga baru berumur dua hari ,karena tali pusar bayi tersebut sewaktu ditemukan masih melekat ditubuhnya .

Bayi tersebut ditemukan oleh Suhartini (39) diatas kayu disamping rumah tetangganya selepas maghrib. “saya mendengar tangisan suara bayi, karena rasa penasaran saya bersama tetangga saya berusaha mencari bayi tersebut berdasar arah suara bayi menangis itu, setelah mendekati arah tangisan bayi itu, terlihat oleh kami diatas kayu itu ada bayi dengan berbedung kain warna orange dan disampingnya ada kantong keresek berisi pakaian bayi, minyak kayu putih dan sabun, “Ujar Suhartini.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP Nina Febri Linda didampingi Kasat Reskrim AKP Wahyudi di Pagaruyung, Rabu (7/1) mengatakan bayi yang diduga baru berumur satu hari itu dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab akibat hubungan gelap. “Bayi tersebut ditemukan salah seorang warga setempat dalam keadaan sehat dan masih segar,” katanya.

Kapolres menjelaskan dari keterangan warga yang menemukan bayi tersebut, Suhartini (39), menyebutkan bayi ditemukan menangis didepan rumah tetangganya dibadung kain putih. “Di sebelah bayi juga ditemukan kantong plastik yang berisi beberapa pakaian bayi, sabun dan minyak kayu putih,” kata Kapolres. Setelah bayi ditemukan, Suhartini menyampaikan ke tetangga dan bersama-sama membawanya ke Polindes terdekat dan dilaporkan ke Polsek Rambatan. Kapolres menyebut bayi seberat 2,1 kilogram itu saat ini masih dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Ali Hanafiah Batusangkar dan pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan siapa pelaku pembuangan bayi tersebut. Beberapa saksi yang sudah diperiksa adalah Zainal (45) dan Mesra Doni (39), keduanya warga di sekitar tempat penemuan bayi tersebut .

Direktur RS MA Hanafiah batuangkar Dr Ermond Reflin yang didampingi Sekretarisnya Athosra menyebutkan ,pihak Rumah sakit menerima bayi dalam keadaan lemas karena beratnya kurang 2,1 Kilo .

“Setelah menerima bayi tersebut para dokter dan perawat langsung melakukan tindakan pertama dengan memberikan asupan gizi agar bayi tersebut segar kembali dan saat ini Alhamdulillah kondisi bayi itu mulai membaik “Ujar Dr Ermond .
,setelah kondisi bayi itu normal kembali ,bayi tersebut akan diserahkan kepada pihak Dinas Sosial Kabupaten Tanahdatar(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*