Baznas Payakumbuh Salurkan Bantuan Kuliah Untuk 83 Mahasiswa

Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Asra Faber menyerahkan bantuan zakat untuk Kuliah pada 83 orang Mahasiswa yang berasal dari Kota Payakumbuh

Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Asra Faber menyerahkan bantuan zakat untuk Kuliah pada 83 orang Mahasiswa yang berasal dari Kota Payakumbuh

Mismardi BA yang menjabat sebagai Ketua BAZNAS dan MUI Payakumbuh menyerahkan zakat pada 83 Mahasiswa asal Payakumbuh

Mismardi BA yang menjabat sebagai Ketua BAZNAS dan MUI Payakumbuh menyerahkan zakat pada 83 Mahasiswa asal Payakumbuh

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh, kembali menyalurkan dana zakat sebanyak Rp.83.000.000 untuk bantuan kuliah kepada 80 orang mahasiswa/I kurang mampu yang tersebar di lima Kecamatan se Kota Payakumbuh.

Penyerahan bantuan itu diberikan langsung  kepada seluruh mustahik yang diawali secara simbolis kepada Lima orang perwakilan berasal di lima kecamatan dalam suatu acara di Sekretariat Baznas setempat Jl.Pahlawan Sawah Padang Payakumbuh Selasa (17/2).

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kabid Dikdas Zetriwardi, Kepala Kantor Kemenag Asra Faber, Ketua Baznas H.Mismardi,BA, Pengurus Baznas, Syafruddin, Syofyan.S, Erimiati dan sejumlah pejabat Kemenag lainnya.

Ketua Baznas H.Mismardi menjelaskan beberapa program Baznas yaitu dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera dengan program Payakumbuh sehat, membantu keluarga miskin untuk berobat kemudian Payakumbuh cerdas dengan memberikan bantuan  pendidikan buat siswa baru mulai dari tingkat SD, SMP,SMA hingga mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi, ujar MIsmardi.

Dikatakan Mismardi sampai saat ini diakui bahwa masih banyak permohonan mahasiswa yang masuk ke Baznas, namun karena keterbatasan dana baru dapat dipenuhi sebanyak 83 orang mahasiswa

Lebih jauh disebutkannya sepanjang tahun 2015 ini Baznas akan menyalurkan bantuan zakat dengan berbagai program kegiatan seperti dana pendidikan , dana konsumtif, dana produktif dan rehap rumah miskin dengan total Anggaran sebanyak Rp.1,998.500,000 dan sekarang baru tahap awal,simpul Buya Mismardi..

Diharapkan bantuan Baznas yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya, gunakan lah buat keperluan kuliah dan jangan sampai dipergunakan buat keperluan yang konsumtif, ujarnya.

Kabid Dikdas Zetriwardi dan Kakemenag Asra Faber ketika memberikan sambutan sam-sama mengucapkan terima kasih pada Baznas yang telah memberikan bantuan buat mahasiswa, mudah-mudahan akan dapat meringankan beban biaya dan semakin termotivasi hendahnya dalam menyelesaikan pendidikannya.

Di bagian lain Kakankemenag Asra Faber menyebutkan saat ini baru 10 % yang terkelola melalui zakat PNS di Kota ini sebanyak Rp.2 M, sementara potensi zakat mencapai Rp.20 M kedepan kita berharap potensi zakat yang belum terkelola akan dikembangkan dengan melibatkan stakeholder dan dibutuhkan juga dukungan Pemko nantinya.

Kepada para muzaki atau wajib zakat lainya yang belum termasuk zakat PNS, untuk dapat membayar zakatnya melalui Baznas Kota Payakumbuh, pungkasnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*