BBGRM ke – 15 tahun 2018 di Pariaman Utara

Padang-today.com___Camat Pariaman Utara, Kota Pariaman, Hilman, membuka acara pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yg ke – 15 tahun 2018 tingkat Kecamatan Pariaman Utara bertempat di Desa Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Kamis (22/11).

Dalam sambutannya tersebut, Hilman, mengatakan pencanangan BBGRM ke 15 tingkat Kecamatan Pariaman Utara pada tahun ini bertempat di Desa Cubadak Air Kecamatan Pariaman Utara,  Kota Pariaman. Sebelumnya, pencanangan BBGRM ke –  15 tingkat Kota Pariaman Tahun 2018 telah lebih dulu digelar di Desa Pasir Sunur, Kecamatan Pariaman Selatan sekaligus pengambilan sumpah dan pelantikan pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kota Pariaman.

Ia menambahkan bahwa kegiatan BBGRM ini dapat dimaknai sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Pelaksanaan BBGRM bukan hanya sekedar membangun fisik dan membersihkan lingkungan saja namun lebih kepada aspek bidang sosial kemasyarakatan, sosial dan agama sebagai implementasi sinergisitas kemasyarakatan”, terangnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk memancing semangat masyarakat desa untuk bergotongroyong, gotong royong ini dilaksanakan selama satu bulan di 17 desa yang ada di Kecamatan Pariaman Utara, gotong royong dilakukan dilingkungan sekolah, mesjid dan rumah – rumah warga.

Ia harapkan, kegotongroyongan ini lebih dilestarikan guna mewujudkan tatanan kehidupan sosial yang mandiri dan sejahtera, dimana sejalan dengan tema BBGRM kali ini yaitu Dengan Semangat BBGRM ke – 15 Kita Lestarikan Nilai – Nilai Budaya Gotong Royong Masyarakat Kecamatan Pariaman Utara.

Sementara itu, Kepala Desa Cubadak Air, Abdul Hamid, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BBGRM ini merupakan upaya untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita.

Ia mengatakan, BBGRM ke – 15 Tingkat Kecamatan Pariaman Utara Tahun 2018 ini bertujuan mambangkik batang tarandam, maksudnya meningkatkan kepedulian masyarakat dalam pembangunan dengan swadaya masyarakat. Tentunya juga meningkatkan kesatuan masyarakat, begitu juga hubungan antara masyarakat dengan pemerintah.

“Kegiatan BBGRM ini berlangsung selama satu bulan dan rencananya minggu besok akan dilaksanakan gotong royong bersama di Desa Cubadak Air bersama seluruh lembaga masyarakat, Kepala Desa,  TP-PKK, LPM, Karang Taruna, Kepala Dusun, Barakai dan Dubalang desa”, tutupnya mengakhiri.

Acara Pencanangan BBGRM ini dihadiri oleh Polsek Pariaman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) Kota Pariaman, Camat Pariaman Utara dan 17 desa yang ada di Kecamatan Pariaman Utara yakni Kepala Desa, LPM, Karang Taruna, Kepala Dusun, Barakai dan Dubalang desa.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan bantuan berupa alat, cangkul dan sapu secara simbolis oleh Camat Pariaman Utara kepada Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Kepala Desa Cubadak Air selaku panitia pelaksana pencanangan BBGRM ke – 15 tingkat Kecamatan Pariaman Utara di Desa Cubadak Air.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas