Belajar Tentang Perizinan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Lamandu Kunjungi Agam

 

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Dalam rangka untuk mempelajari tentang penyelenggaraan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta penguatan kelembagaan bidang pelayanan perizinan di Kabupaten Lamandau yang secara kelembagaannya masih berusia 13 tahun dan merupakan daerah pemekaran, Kabupaten Lamandu Provinsi Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Agam.

Kunjungan kerja tersebut di pimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandu, Arifin Umbing, dan diterima langsung kedatangannya oleh Bupati Agam yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di aula kantor Bupati Agam, Kamis (26/2).

Menurut Arifin Umbing, sebagai institusi pemerintah yang vital bagi perkembangan daerah, Pemkab Lamandau berkomitmen mempertegas peran dan fungsi pelayanan perizinan terpadu satu pintu tersebut, sehingga datang ke Kabupaten Agam untuk mengetahui lebih banyak tentang mekanisme PTSP dan penguatan kelembagaan bidang perizinan.

“Karena keberhasilan Kabupaten Agam yang pernah mendapat penghargaan dari pemerintah pusat terkait PTSP ini, kita berharap peserta sebanyak 37 orang termasuk di dalamnya beberapa kepala SKPD yang kita bawa dapat mempelajari lebih banyak dari Kabupaten Agam dan nantinya dapat juga diterapkan di Kabupaten kita di Lamandu,” ujar Arifin Umbing, Sekda Kabupaten lamandu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman, turut mengapresiasikan kedatangan Pemkab Lamandau ke Kabupaten Agam, karena tujuannya tidak hanya sharing atau berbagi pengalaman, namun dengan kunjungan ini juga dapat meningkatkan tali persaudaraan dan kekerabatan antar institusi pemerintahan.

“Kita menerima dan menyambut baik atas kedatangan Pemkab Lamandau ke Agam, semoga pertemuan dan kunjungan ini bisa lebih meningkatkan pelayanan terpadu terhadap masyarakat ” tutur Syafirman.

Terkait PTSP, Syafirman, mengatakan peran, fungsi serta penguatan kelembagaan instansi pelayanan sangat tergantung pada komitmen pimpinan daerah serta SKPD terhadap perizinan. Dalam menyelenggarakan pelayanan, BPMPT Agam selalu berkoordinasi dengan SKPD terkait. Salah satu dasar penerbitan izin adalah rekomendasi dari tim teknis atau rekomendasi dari SKPD teknis. Tim teknis tersebut terdiri dari personil yang berasal dari SKPD teknis dan dibentuk dengan keputusan Bupati.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*