Belasan Surat Suara Antar Dapil Tertukar

    Padang-today.com – Sebanyak 17 lembar surat suara tertukar antar daerah pemilihan (dapil) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Kelurahan Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto.

    “Ada laporan surat suara di TPS 1 tertukar antar dapil,”kata Rendi PPS Tanah Lapang.

    Surat suara tersebut seharus dapil untuk dapil 1 Kecamatan Barangi. Namun berada di dapil 3 kecamatan lembah segar dan Kecamatan Silungkang di TPS 1 Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar. Tertukar hanya surat suara DPRD Kota Sawahlunto.

    “Tertukarnya surat suara tersebut sempat terhenti beberapa menit. Petugas cepat mengembalikan surat suara tertukar tersebut,”jelas Rendi.

    Sementara itu, soal tertukar surat suara apa yang dikatakan PPS Tanah Lapang berdeda dengan data Bawaslu Sawahlunto. Fira Harcel Kordiv Pengawasan Pencegahan Bawaslu Kota Sawahlunto menyatakan ada 18 surat suara tertukar di TPS 1 Kelurahan Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar.

    “Kita mendapatkan laporan ada 18 surat suara DPRD Kota Sawahlunto tertukar antar dapil, seharusnya ada dapil 3 Kecamatan Barangi masuk ke dapil 1 Kecamatan Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang,”kata dia.

Dari 18 surat suara tersebut, ada surat suara sudah dicoblos oleh pemilih dimasukan dalam kotak suara. “Saat ini melakukan penelusuran surat suara tertukar sudah dicoblos masuk dalam kotak suara,” Fira Hercel.

Ia menjelaskan Bawaslu meminta Pengawas TPS (PTS) untuk melakukan penelusaran apakah surat suara tertukar sudah dicoblos masuk dalam kotak suara.

“Kita mengawasi saja nanti diminta PTS untuk mengetahui berapa surat suara terpakai tidak terpakai surat suara tidak sah sebelum masuk ke dalam amplop-amplop yang disediakan untuk masing-masing logistik surat suara yang diduga tertukar dapil tadi sehingga jumlahnya dapat dipastikan,”pungkas dia.

    Sementara itu tempat terpisah, Izwaryani Komisioner KPU Sumbar menyatakan untuk surat suara tertukar sudah dicoblos masuk dalam kotak suara ketika dihitung suaranya sah untuk partai politik.

    “Sesuai dengan surat edaran bersama nomor 04,Jika surat suara DPR RI, DPRD Kabupaten/kota tertukar dicoblos dan masuk dalam kotak suara bila dihitung suaranya sah untuk partai, namun bila surat suara tercoblos tertukar DPD dan pilpres suaranya tidak sah,”kata dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas